Jumlah Pengguna Tembus 700 Juta, Telegram Jadi Terbanyak Diunduh

profile photo reporter Tri Kurnia Yunianto
TriKurnia Yunianto
21 Juni 2022
marketeers article
Ilustrasi: 123RF
Aplikasi pesan singkat, Telegram mengklaim telah memiliki 700 juta pengguna aktif bulanan (monthly active users) sepanjang tahun 2022. Jumlah tersebut membuat Telegram masuk dalam lima besar aplikasi dengan pengguna terbanyak di seluruh dunia.
“Telegram merayakan 700 juta pengguna aktif bulanan (monthly active users) yang menggunakan aplikasi Telegram. Hal ini menjadikan Telegram sebagai salah satu dari lima aplikasi terbanyak diunduh di seluruh dunia sepanjang tahun 2022. Pertumbuhan tersebut telah dicapai berdasarkan rekomendasi dari para pengguna,” ujar Telegram melalui siaran pers resmi perusahaan yang diterima Marketeers, Selasa (21/6/2022).
Dalam keterangan resmi itu disebutkan, peningkatan jumlah pengguna dimanfaatkan perusahaan untuk meluncurkan layanan premium yang berbayar. Melalui Telegram Premium, para pengguna yang berlangganan akan mendapatkan akses terhadap sejumlah fitur eksklusif, termasuk berbagai fitur yang mendapatkan permintaan tertinggi dari para pengguna selama beberapa tahun terakhir.
Fitur Telegram Premium akan berada berdampingan dengan fitur-fitur yang dapat diakses secara gratis dari aplikasi Telegram yang telah tersedia bagi semua pengguna saat ini. Kontribusi dari para pengguna yang berlangganan Telegram Premium memastikan Telegram dapat terus mendorong pengembangan aplikasi dalam jangka panjang.
“Termasuk untuk tetap membuat Telegram tersedia secara gratis dengan seluruh fitur-fitur yang sudah ada selama ini. Dengan ini, Telegram dapat tetap menjadi aplikasi yang independen dan mengedepankan kepentingan para penggunanya,” ujarnya.
Adapun fitur Telegram Premium sudah tersedia dengan mengunduh Telegram versi 8.8 dari platform iOS, Android, macOS, dan Windows. Pengguna dapat berlangganan Telegram Premium dengan biaya sebesar Rp 73.000 hingga Rp 79.000 per bulannya.
Untuk keuntungan yang didapatkan pengguna saat menggunakan fitur premium, di antaranya adalah batas unggahan file yang digandakan menjadi 4GB per file. Sementara pengguna gratis akan tetap dapat mengunggah file dengan batas maksimal 2GB per file. Lalu, ada fitur mengunduh media dan file dengan kecepatan unduhan maksimal.
Selain itu, ada pula peningkatan batasan akses bagi pengguna Telegram Premium, termasuk di antaranya batas untuk mengikuti channel sebanyak 1.000 channel. Sedangkan pengguna gratis hanya bisa melakukan sebanyak 500 channel.
Kemudian kemampuan membuat 20 chat folder bagi premium, sedangkan pengguna gratis hanya dengan masing-masing 200 chat untuk premium dan 100 untuk pengguna gratis. Telegram Premium juga dilengkapi dengan empat akun untuk satu aplikasi Telegram, melakukan pin 10 chat dan lima untuk pengguna gratis. Kemudian ada juga 10 stiker favorit bagi layanan premium. Sedagkan lima untuk pengguna gratis.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related