Kenali Potensi Diri, Kunci Terhindar dari Berkarier Di Jurusan yang Salah

profile photo reporter Muhammad Perkasa Al Hafiz
MuhammadPerkasa Al Hafiz
24 Februari 2022
marketeers article
50155847 teenage boy recording video of himself in bedroom
Fase remaja yang dimulai sejak bangku SMP hingga SMA merupakan periode yang sangat penting bagi seseorang untuk mengenali potensi diri serta menentukan arah dan tujuan mereka setelah lulus sekolah. Namun, nyatanya tidak sedikit siswa yang masih bingung dalam menentukan jurusan kuliah meskipun mereka sudah duduk di kelas 12. Kondisi ini pun menggerakkan platform belajar Quipper bersama Universitas Tarumanagara menggelar program edukasi berbasis webinar bertajuk “Pahami Diri untuk Menentukan Masa Depan.”
Menurut penelitian Educational Psychologist dari Integrity Development Flexibility (IDF), hanya 13% mahasiswa Indonesia merasa memilih jurusan dengan tepat. Selain itu, Mendikbud Ristek Nadiem Makarim juga mengatakan bahwa hanya 20% mahasiswa Indonesia yang bekerja sesuai dengan jurusan kuliahnya.
Konsep diri merupakan kemampuan seseorang untuk memahami dirinya sendiri, termasuk kekuatan dan kelemahannya. Dengan kemampuan tersebut, seseorang dapat mengenal potensi diri dan mampu mewujudkan apa yang menjadi keinginan dirinya. Upaya ini pun kian penting agar para pelajardapat menyelamatkan diri dari salah jurusan dan bekerja sesuai dengan program studinya.
Webinar yang terbuka bagi seluruh siswa di Indonesia ini menghadirkan dosen dan pakar psikologi ternama di Indonesia Untung Subroto S.Psi., M.Psi. Untung memberikan pemaparan tentang pemahaman diri yang benar, serta workshop untuk menggali minat dan bakat para peserta. Diharapkan para peserta mampu menentukan jurusan kuliah yang tepat dan merencanakan karier di masa depan setelah mengikuti webinar ini.
Untuk itu pula, Untung mengajak peserta webinar untuk mengenal diri melalui art activity dan tes psikologi secara singkat, yang membuat peserta semakin antusias dan interaktif selama sesi workshop berlangsung.
“Saya selalu tertarik dengan kehidupan remaja yang sangat dinamis dan penuh perubahan, baik itu perubahan menuju ke hal positif atau sebaliknya. Kepuasan tersendiri bagi saya dapat berkontribusi dalam membantu para remaja memahami dirinya sendiri melalui kemampuan yang saya miliki sebagai seorang psikolog,” ujar Untung.
Turut hadir pula Tasya Kamila selaku Quipper Super Teacher yang juga merupakan aktris, penyanyi, dan penulis lagu dengan prestasi di bidang akademis maupun di dunia hiburan. Untuk memberikan wawasan yang lebih luas seputar dunia akademis kepada peserta, Quipper juga menghadirkan Yunita Wanasiri, penerima beasiswa penuh Quipper Scholarship Award (QSA) 2021 yang memberikan inspirasi serta motivasi bagi para pelajar untuk meraih impiannya.
Pada kesempatan tersebut, Tasya Kamila membagikan pengalamannya dalam menemukan konsep dirinya. Di akhir sesi, ibu rumah tangga yang mempunyai segudang prestasi membanggakan terutama dalam dunia pendidikan ini berpesan agar semakin banyak anak-anak muda di Indonesia yang berprestasi dalam bidangnya masing-masing, bahkan dapat bersaing dengan negara-negara berkembang lainnya. Tentu, mereka harus tetap memiliki kepribadian yang baik, sederhana dan bersahaja sesuai dengan kepribadian Bangsa Indonesia.
“Saya percaya bahwa pengenalan yang baik akan diri kita sendiri mampu membawa kita kepada masa depan yang cerah. Hal ini diharapkan dapat membanggakan keluarga kita maupun orang-orang terdekat, tentunya dengan tekad dan semangat dalam meraih cita-cita serta ditunjang dengan ilmu pengetahuan dan teknologi,” tutup Tasya.
Hal ini senada dengan apa yang dialami Yunita Wanasiri, penerima beasiswa penuh Quipper Scholarship Award pada tahun 2021. Yunita menyampaikan bahwa mimpinya untuk kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dapat tercapai melalui beasiswa dari Quipper. Hal ini tidak lepas dari semangat dan tekadnya untuk kuliah walau terbatas biaya.
“Tahun lalu adalah perjuangan panjang dan melelahkan yang berbuah manis. Saya akan terus belajar untuk meraih IPK terbaik hingga lulus nanti, lalu mengejar karir impian saya sebagai seorang entrepreneur di bidang Pariwisata,” ujar Yunita.
Guna membantu siswa untuk menemukan minat, bakat, kemampuan, dan potensi diri lainnya, Quipper juga memiliki 12 tes uji potensi berbasis psikologi yang dapat diakses secara bebas melalui laman Quipper Campus.
Berbagai upaya ini diharapkan dapat memberikan pemahaman diri yang lebih baik kepada para peserta. Sehingga, mereka dapat membantu peserta untuk menentukan jurusan kuliah yang tepat dan bidang pekerjaan yang akan direncanakan.

Related