Kenalkan Logo Baru, CNI Tinggalkan Bisnis MLM

marketeers article
CNI. (Sumber: dok. CNI)

CNI memperkenalkan wajah barunya setelah bertransformasi dari bisnis Multi Level Marketing (MLM) menjadi Mixed Marketing Concept (MMC). CNI mengubah identitas logo yang selama 37 tahun sudah melekat di hati masyarakat.

Abrian Natan, CEO CNI mengatakan peluncuran logo baru sebenarnya sudah menjadi hal biasa yang dilakukan ketika merek bertransformasi di tengah tantangan.

“Tapi bagi kami, peluncuran logo baru ini juga merupakan strategi, mindset, sekaligus semangat baru untuk terus bergerak ke depan menyongsong segala perubahan yang akan terjadi,” ujar Abrian selaku CEO, dikutip dari keterangan persnya.

Sejak berdiri pada tahun 1986, CNI menerapkan strategi pemasaran berjenjang (multilevel marketing). Konsep MLM adalah sebuah strategi pemasaran dengan skema yang terdiri dari anggota upline dan downline.

BACA JUGA Multi Level Marketing: Definisi, Cara Kerja dan Legalitas

Namun, tepat di hari jadinya yang ke-37 tahun pada 1 Oktober 2023 lalu, CNI memutuskan untuk mengakhiri keanggotaannya di Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) dan meninggalkan skema MLM dalam memasarkan produk-produknya.

CNI kini fokus pada pemasaran berbasis Mixed Marketing Concept (MMC). Langkah baru ini dilakukan untuk menjawab tantangan persaingan bisnis dan adanya pergeseran tren pasar yang semakin mengusung proses digitalisasi.

Melalui Mixed Marketing Concept, produk CNI dapat menjangkau konsumen lebih luas karena dapat dibeli secara offline maupun online di marketplace.

“Para pelaku bisnis dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan zaman. Demikian juga CNI yang akan selalu inovatif, kreatif dan adaptif dalam menjalankan roda bisnis, khususnya yang berkaitan dengan dunia digital. Sebab itu, kami memutuskan untuk meninggalkan skema MLM dan beralih ke Mixed Marketing Concept,” terang Abrian.

BACA JUGA Buku Marketing 6.0 Jawab Perubahan Customer Experience yang Gabungkan Dunia Offline dan Online

Langkah strategis ini juga dilakukan untuk membentuk image baru CNI sebagai perusahaan lifestyle yang dapat diterima kalangan milenial dan Gen Z.

Bersamaan dengan peluncuran logo barunya, CNI juga memperkenalkan produk baru, yaitu CNI Ginseng Coffee Signature dan relaunching SC 88 Laundry Detergent Powder.

CNI Ginseng Coffee sebetulnya telah dipasarkan sejak tahun 1994. Tahun ini, CNI menghasilkan varian baru yang merupakan perpaduan biji kopi robusta dan arabika, serta ekstrak ginseng dan krimer yang memiliki aroma dan rasa kopi yang lebih kuat.

Sementara SC 88 Laundry Detergent Powder adalah salah satu produk legend dari CNI yang telah dijual sejak tahun 1988. Produk laundry detergen ini kini hadir kembali dengan kualitas yang telah terbukti, karena mengandung bahan aktif yang lebih banyak (real concentrate), antibakteri, sedikit busa dan Triple active enzyme yang terbukti mampu membersihkan noda membandel.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related