Kolaborasi DANA dan MCI Dukung Pemberdayaan Pengusaha Perempuan

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
19 Januari 2022
marketeers article
DANA melakukan kolaborasi dengan Mercy Corps Indonesia (MCI) untuk fokus pada program pemberdayaan pengusaha perempuan yang terkena dampak COVID-19. Sinergi keduanya diharapkan mampu mengoptimalkan kebutuhan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM) dalam pemanfaatan layanan keuangan digital khususnya di wilayah Jawa Timur.
UKM berkontribusi lebih dari 50% terhadap perekonomian Jawa Timur. Kehadiran Malang Raya yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu sebagai salah satu pusat pendidikan, pariwisata, serta industri bahkan turut menyumbang besar pada bertumbuhnya jumlah pelaku UKM.
Kerja sama DANA dan MCI ini akan hadir pada program yang disebut COVID-19 Recovery for Women-led Small Businesses in Greater Malang (CAMELIA). Keterlibatan DANA ini sejalan dengan komitmen untuk terus mendukung pengusaha perempuan dalam memperoleh akses ekonomi digital yang inklusif termasuk pada sektor UKM.
“Mercy Corps Indonesia mendukung upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi dari efek pandemi COVID-19 dengan menghadirkan program CAMELIA sebagai sarana edukasi, peningkatan keterampilan, dan berjejaring. Harapannya dari program yang sudah kami lakukan dapat memberikan kemudan dan pemberdayaan bai pelaku usaha agar dapat beradaptasi dan terus mengembangkan usahanya,” ujar Executive Director Mercy Corps Indonesia Ade Soekadis.
Rangkaian program edukatif dan informatif juga telah DANA siapkan untuk para peserta program CAMELIA di antaranya sosialisasi dan pelatihan mengenai dompet digital DANA. Fokus utama edukasi ini adalah berbagai fitur yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan usaha serta mempermudah pencatatan transaksi digital.
“Peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia khususnya perempuan melalui pemanfaatan dompet digital terus kami lakukan di DANA, salah satunya dengan menciptakan produk digital yang inklusif untuk semua gender, menjangkau pelaku usaha perempuan sebagai roda penggerak ekonomi, dan melakukan edukasi literasi keuangan digital yang berkelanjutan,” tutur Chief People & Corporate Strategy Officer DANA  Agustina Samara.
Program CAMELIA yang dilaksanakan Mercy Corps Indonesia sejak April 2021 hingga bulan Februari 2022 mendatang. Program ini ditargetkan menjangkau 300 perempuan pengusaha mikro dan kecil di Malang Raya.

Related