Kolaborasi TigerGraph dan ITB Genjot Akselerasi Transformasi Smart City

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
23 Juni 2022
marketeers article
Perkebangan untuk tranformasi smart city di Indonesia terus dikembangkan. | Foto: Ilustrasi 123RF
Penyedia platform analisis grafik, TigerGraph, hari ini menjalin kerja sama strategis dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Kolaborasi kedua pihak diharapkan dapat berkontribusi untuk mempercepat pengembangan dan transformasi smart city di Indonesia.
TigerGraph dan ITB berencana melakukan proyek penelitian bersama dengan sistem pintar serta aktivitas pengaktifan industri kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Berbagai program pun sudah disiapkan, seperti Integrated Smart System Platform (ISPP), Video Analytics with AI (VIANA), dan Smart City Living Lab (SCLL).
“Kami melihat akademisi dan penelitian sebagai landasan untuk menciptakan inovasi dan perubahan berkelanjutan. Dalam konteks perencanaan kota, kemampuan analitik grafis serta AI dan machine learning (ML) memungkinkan pengenalan pola otomatis dan deteksi anomali pada faktor perkotaan utama seperti pertumbuhan populasi hingga kelangkaan lahan,” ujar Herfini Haryono, Managing Director PT TigerGraph Software Indonesia.
Dengan teknologi tersebut, harapannya alokasi aset dan sumber daya dapat dioptimalkan sehingga dapat mendukung pembangunan smart city yang berkelanjutan.
“Kami ingin memberdayakan para insinyur dan mahasiswa ITB untuk membuka potensi mereka dengan memanfaatkan teknologi dan menciptakan solusi lokal yang akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan perkotaan di kota-kota di Indonesia, termasuk di tingkat provinsi,” ujar Herfini.
I Gede Wenten, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi ITB menuturkan, pemilihan ITB sebagai mitra TigerGraph yang pertama di sektor akademik merupakan sinyal positif untuk mendukung program Smart City and Community Innovation Center (SCCIC).
“Bandung sebagai salah satu kota pertama yang memulai pembangunan smart city dan pengalaman kami menunjukkan bahwa kolaborasi adalah kunci untuk mempercepat proses konsep kota cerdas dan implementasinya,” ucap Wenten.
Lebih lanjut, ia percaya diri kerja sama ini merupakan upaya yang mampu menghasilkan dampak baik yang dirancang untuk membantu transformasi kota-kota di Indonesia menjadi komunitas lebih cerdas, aman, dan sehat bagi masyarakat.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related