Lakukan Rebranding, Kemasan Baru BINTANG Makin Lokal

profile photo reporter Maida Beryl S
MaidaBeryl S
04 Agustus 2022
marketeers article
BINTANG meluncurkan tampilan baru pada kemasannya (Sumber: BINTANG)
Bertepatan dengan ulang tahun ke-70 dan International Beer Day, PT Multi Bintang Indonesia Tbk (BINTANG) melakukan rebranding dengan meluncurkan tampilan baru pada kemasannya. Kemasan baru ini merupakan identitas visual yang lebih segar dengan sentuhan modern untuk seluruh produk BINTANG.
Perubahan kemasan ini menjadi upaya BINTANG untuk terus mendekatkan diri dengan konsumennya dan makin dikenal sebagai produk asli Indonesia. Hal tersebut diwujudkan dalam tampilan kemasan yang makin menonjolkan warna merah putih dan beragam elemen yang identik dengan Indonesia.
“Sebagai brand, BINTANG selalu berevolusi dengan perkembangan konsumen di Indonesia. Kemasan baru ini dibuat secara lokal agar makin dikenal bawah BINTANG merupakan produk asli Indonesia dengan kualitas yang baik dan dicintai oleh konsumennya baik di pasar nasional maupun pasar internasional,” ujar Jessica Setiawan, Marketing Director PT Multi BINTANG Indonesia dalam acara konferensi pers Peluncuran Kemasan Baru Bir Bintang yang dilaksanakan di Museum Macan, Jakarta (4/8/2022).
Tampilan baru BINTANG hadir dengan berbagai elemen yang memiliki makna tersendiri. Terdapat tulisan ‘Favorit Indonesia’ yang berada di tiap sisi bintang berwarna merah. Di tiap sudut bagian bawah, terapat gambar bunga Hops dan Barley yang menjadi ciri khas bir dan menggambarkan kualitas dari produk bintang. Kemasan baru ini juga dihiasi dengan tulisan ‘Merayakan kebersamaan sejak 1952’ serta ‘karya lokal dicintai dunia’.
Peluncuran kemasan baru BINTANG ini diikuti oleh sebuah tagline yang berbunyi ‘Cheers untuk Kita Versi Baru’. Tagline ini sejalan dengan misi yang tengah dibawakan oleh BINTANG yang dituangkan dalam sebuah ungkapan ‘bersama BINTANG berbeda bersama’.
“Kami ingin membawakan nilai bahwa meskipun terdapat perbedaan, kita masih bisa berkumpul bersama. Jadi meskipun dalam suatu circle berbeda-beda, tetap masih bisa merayakan kebersamaan,” kata Jessica.
Semangat kebersamaan tersebut juga ditunjukkan dalam ajang Bintang Crystal: Submit Your Music. Ajang ini merupakan kontes pencarian bakat yang nantinya pemenang dari kontes tersebut diberikan kesempatan untuk tampil di panggung We The Fest 2022 dan Crystal Chill yang diselenggarakan di Medan dan Jakarta. Selain itu, masih melalui Bintang Crystal, BINTANG juga meluncurkan CrystalBintang x Irukandji yang merupakan kolaborasi NFT Project dengan seniman lokal.
“Melalui rebranding dan semangat kebersamaan ini, kami berharap dapat terus berevolusi dan berinovasi mengikuti perkembangan zaman, namun tetap menjadi top of mind dari masyarakat Indonesia dan konsumen kami di pasar internasional,” tutur Jessica.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related