Langkah PermataBank Siapkan Penyandang Disabilitas Lebih Mandiri

profile photo reporter Bianca Astira
BiancaAstira
28 Februari 2022
marketeers article
Masyarakat penyandang disabilitas harus menjadi perhatian bersama. Bukan hanya pemerintah, melainkan pihak swasta maupun masyarakat luas. Dalam menjalankan perannya memerhatikan kaum disabilitas, PermataBank menggelar program PermataBRAVE yang telah berlangsung sejak September 2021.
Program PermataBRAVE ini bertujuan untuk menyiapkan penyandang disabilitas dalam menjalankan kehidupan yang lebih mandiri dengan menyediakan pelatihan kesiapan kerja, pendampingan dan pemberian modal untuk pelaku usaha, bantuan alat bantu mobilitas, hingga beasiswa pendidikan bagi mereka yang duduk di bangku kuliah.
Pada praktiknya, PermataBank menggandeng Thisable dalam menyediakan pelatihan kesiapan kerja bagi 56 penyandang disabilitas di bidang barista, telesales, hospitality, makeup and hairdo, entrepreneurship dan penyerahan beasiswa pendidikan kepada mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. Tak hanya itu, PermataBank juga melibatkan Precious One dalam menyelenggarakan program BANGGA yang memberikan pendampingan intensif secara daring selama dua bulan kepada 37 UKM disabilitas yang tersebar di pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan. 
PermataBank turut bermitra dengan DARE Foundation dalam menyediakan kaki palsu kepada 10 penerima manfaat dari Jakarta dan Bandung. Termasuk, Ferry Gunawan yang merupakan pengemudi ojek online yang sebelumnya merakit sendiri kaki palsunya dengan peralatan sederhana dengan panduan yang ditemukan online.
“Bekerjasama dengan para mitra yang memiliki visi dan misi yang selaras dengan PermataBank inilah yang mendorong kami untuk ikut menciptakan lingkungan masyarakat yang lebih setara untuk teman-teman disabilitas, melalui serangkaian pelatihan dan pendampingan, keterampilan, serta pengalaman kerja praktik dan bentuk dukungan lain yang dapat membantu mereka menjadi individu yang lebih berdaya,” ungkap Richele Maramis, Head of Corporate Affairs PermataBank.
Ia menambahkan, ke depannya PermataBank melalui PermataHati CSR akan terus mewujudkan komitmennya dalam membuat perubahan dengan pemberdayaan komunitas penyandang disabilitas. Program PermataBRAVE yang dilengkapi dengan materi literasi finansial dan beragam soft skill serta motivasi ini juga akan terus digelar secara berkala dan berkelanjutan.
PermataBRAVE bisa dibilang merupakan bentuk kontribusi PermataBank terhadap pengembangan potensi penyandang disabilitas di seluruh Indonesia. Hal ini sekaligus komitmen PermataBank dalam menjalankan tanggung jawab sosial, mendukung Sustainable Development Goals (SDG) poin keempat, kelima, kedelapan dan kesepuluh.
“Hingga saat ini, PermataBRAVE melalui berbagai kegiatan telah menjangkau lebih dari tiga ribu penerima manfaat dari berbagai daerah di Indonesia, dengan beragam kebutuhan dan latar belakang,” pungkasnya.
 
Editor: Eko Adiwaluyo

Related