Lanjutkan Inovasi, MediaTek Luncurkan Dua Cipset Hemat Energi

marketeers article
Produk baru MediaTek. (FOTO: MediaTek)

MediaTek mengumumkan kehadiran cipset terbaru mereka, Dimensity 7300 dan Dimensity 7300X. Cipset ini dibangun dengan teknologi 4nm yang hemat daya dan menawarkan kemampuan tinggi untuk multitasking, fotografi, gaming, serta komputasi AI atau artificial intelligence.

Keduanya memiliki kapabilitas yang sama. Namun, Dimensity 7300X khusus dikembangkan untuk mendukung perangkat lipat dengan layar ganda.

Cipset Dimensity 7300 mengusung CPU octa-core, terdiri dari 4 inti Arm Cortex-A78 dengan kecepatan hingga 2,5 GHz dan 4 inti Arm Cortex-A55. Dibandingkan dengan pendahulunya, Dimensity 7050, cipset ini mengurangi konsumsi daya hingga 25℅ pada inti A78.

 

Dengan GPU Arm Mali-G615 terbaru dan optimasi MediaTek HyperEngine, pengguna dapat merasakan pengalaman gaming yang lebih lancar dan responsif, dengan efisiensi energi yang meningkat hingga 20℅ dibandingkan cipset kompetitor.

BACA JUGA: Sambut Penerapan AI Generatif, MediaTek Rilis Dimensity 9300+,

Yenchi Lee, Wakil General Manager dari MediaTek’s Wireless Communications Business mengatakan, “seri Dimensity 7300 dirancang untuk mengintegrasikan fitur AI dan konektivitas terbaru, memungkinkan streaming dan gaming tanpa hambatan.

“Dukungan layar ganda pada Dimensity 7300X juga memberikan peluang bagi produsen untuk menciptakan desain perangkat lipat yang inovatif,” kata Yenchi Lee, siaran pers kepada Marketeers, Kamis (30/5/2024).

Dalam hal fotografi, Dimensity 7300 menawarkan MediaTek Imagiq 950 dengan ISP HDR 12-bit premium, mendukung kamera utama hingga 200MP. Fitur ini didukung oleh teknologi noise reduction, deteksi wajah, dan kemampuan video HDR untuk memungkinkan hasil foto dan video berkualitas tinggi dalam berbagai kondisi pencahayaan.

Peningkatan performa foto live focus dan remastering foto juga membuat cipset ini unggul dalam fotografi seluler.

Dari segi AI, MediaTek APU 655 memberikan efisiensi dua kali lipat dibandingkan Dimensity 7050, mendukung tipe data presisi campuran untuk efisiensi bandwidth memori yang lebih baik.

BACA JUGA: Didukung Chipset MediaTek Dimensity 8300 Ultra, Poco X6 Pro 5G Segera Meluncur

Fitur MediaTek MiraVision 955 mendukung tampilan WFHD+ dengan warna 10-bit asli dan standar HDR global, memperbaiki pengalaman streaming dan pemutaran media.

Selain itu, cipset ini dilengkapi dengan teknologi 5G UltraSave 3.0+ yang menggabungkan penghematan daya R16 dengan optimasi dari MediaTek sendiri. Teknologi ini menghasilkan efisiensi daya 13-30% lebih baik dalam penggunaan 5G sub-6GHz.

Dengan kecepatan unduh 5G hingga 3,27Gb/s dan dukungan Wi-Fi 6E tri-band, cipset ini memastikan konektivitas yang cepat dan stabil. Hadirnya fitur SIM ganda 5G dengan VoNR ganda juga memberikan fleksibilitas lebih kepada pengguna.

Editor: Eric Iskandarsjah

Related