Lewat GoFood, GoTo Berpeluang Tingkatkan Pendapatan Tahun Ini

profile photo reporter Ranto Rajagukguk
RantoRajagukguk
22 Juni 2022
marketeers article
Lewat GoFood, GoTo Berpeluang Tingkatkan Pendapatan Tahun Ini. (FOTO: Dok GoTo)
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (IDX:GOTO) diperkirakan memperoleh kenaikan pendapatan yang disumbang dari bisnis layanan pesan antar makanan daring, GoFood. Pasalnya, bisnis pesan antar makanan daring alias Online Food Delivery (OFD) terus mengalami peningkatan.
Ekonom Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menuturkan, berdasarkan laporan keuangan GoTo 2021, pendapatan perseroan disumbang dari Gojek senilai Rp 1,58 triliun atau setara 35 persen total pendapatan. Dari nilai tersebut, kontribusi GoFood diperkirakan senilai Rp 450 miliar atau mencapai 10 persen dari total pendapatan perusahaan.
“Ke depan dengan proyeksi pertumbuhan OFD yang besar dan akuisisi merchant ke dalam ekosistem GoFood, potensi pendapatan yang disumbang GoFood ke GoTO Group juga akan makin besar,” kata Bhima di Jakarta, Rabu (22/6/2022).
Sebagai informasi, segmen on-demand GoTo group pada kuartal I 2022 mencatat pertumbuhan pendapatan bruto sampai 58 persen (yoy), serta nilai transaksi bruto alias gross transaction value (GTV) meningkat sampai 44% (yoy). Bhima memperkirakan, tahun ini nilai transaksi OFD bisa mencapai Rp82 triliun. 
Meski pandemi COVID-19 melandai, pemesanan makanan via layanan daring ini masih tetap diminati bahkan telah menjadi bagian hidup dari masyarakat. Dari proyeksi tersebut, dia juga menilai, GoFood masih akan memimpin pasar lantaran sejumlah keunggulan termasuk integrasi dalam ekosistem GoTo group.
Dia menilai, penetrasi akuisisi merchant baru terutama di wilayah luar Jawa dapat menjadi kunci pertumbuhan GoFood pada masa mendatang. Dukungan ekosistem GoTo group khususnya dari segmen kemudahan pembayaran bakal meningkatkan daya saing GoFood dibandingkan kompetitor.
“Pemenangnya tetap GoFood, karena mereka ini early starter di Indonesia, sehingga dari jumlah merchant yang bekerja sama pun pasti akan lebih banyak dari pesaing lainnya. Selain itu, fitur pembayaran yang disediakan dalam ekosistemnya juga cukup lengkap, misalnya ada GoPaylater yang membantu konsumen saat memesan makanan dalam ekosistem GoFood. Semakin unggul fitur pembayaran platform OFD, akan makin diminati oleh masyarakat,” ucapnya.
GoTO sebelumnya mengumumkan untuk mengakuisisi saham PT Untung Selalu Sukses (USS Networks) melalui PT Semangat Empat Lima (SEL). USS Networks merupakan perusahaan konten multimedia di bidang fashionculture, dan lifestyle. Aksi akuisisi itu seiring partisipasi GoTo dalam putaran pendanaan pra-seri A USS Networks. Berdasarkan keterbukaan informasi GoTo, proses akuisisi merupakan hasil penerbitan saham baru oleh USS Networks sebanyak 1.082 saham yang mewakili kepemilikan 4,05%. 

Related