Lewat Transformasi, KoinWorks Bank Perkuat Daya Saing di Segmen BPR

marketeers article
Tranformasi KoinWorks Bank (Foto: KoinWorks Bank)

Mengawali perjalanan sebagai Bank Perekonomian Rakyat (BPR), KoinWorks Bank tengah menyiapkan transformasinya menjadi bank BPR digital di Indonesia. KoinWorks Bank adalah BPR yang diakuisisi oleh para pendiri KoinWorks Group pada awal tahun 2023. 

“Saat ini KoinWorks Bank telah membukukan profitabilitas. Pertumbuhan kredit dan aset yang signifikan dari KoinWorks Bank berkontribusi pada laba yang berkelanjutan,” papar Benedicto Haryono, Co-Owner KoinWorks Bank dalam laporan tertulisnya. 

KoinWorks Bank mengumumkan pencapaian kinerja positif dalam laporan kualitas aset produktif yang disampaikan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk kuartal pertama 2024. Perolehan laba pada tahun berjalan mencapai Rp 1,2 miliar, dengan return on asset (ROA) 2,73%. 

BACA JUGA: Transformasi Digital BPR dengan Teknologi AI dan KYC Jarak Jauh

Angka ini meningkat dibanding masa transisi perubahan menjadi KoinWorks Bank pada Oktober 2023 dengan ROA minus (-10,4%). 

Dari sisi rasio beban operasional dan pendapatan operasional (BOPO), perusahaan berhasil menekannya menjadi 77,3% sepanjang awal tahun ini. Bersamaan dengan itu pertumbuhan kredit di kuartal pertama 2024 mencapai 134%.

Di sisi lain, dalam meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah, KoinWorks Bank memastikan status non performing loan (NPL) KoinWorks Bank terjaga pada 0,01%, dengan pertumbuhan laba yang meningkat sejak Oktober 2023. Soal aset, KoinWorks Bank mencatatkan peningkatan 159% sejak Oktober 2023. 

Produk yang ditawarkan oleh KoinWorks Bank beragam, di antaranya deposito dengan tingkat suku bunga setara BPR yang dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Hadir pula produk pinjaman dengan agunan aset tetap.

“Kami percaya bahwa kemampuan untuk menyediakan layanan keuangan yang cepat dan aman akan memberikan dampak positif. Kami juga akan memfasilitasi UMKM agar dapat terlayani dengan maksimal untuk mendorong pertumbuhan bisnis mereka,” lanjut Benedicto.

BACA JUGA: Strategi BNC Jadi Top of Mind Bank Digital bagi Anak Muda

KoinWorks Bank juga menyediakan pinjaman untuk pelaku bisnis dan individu, serta investasi dengan deposito berjangka. 

Berbagai produk pinjaman yang ditawarkan, meliputi pinjaman modal kerja usaha, pinjaman investasi untuk menunjang usaha, kredit kepemilikan rumah, hingga pinjaman multiguna. 

KoinWorks Bank memberikan fleksibilitas kepada nasabah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi mereka. KoinWorks Bank juga memiliki produk tabungan yang menarik dengan tingkat suku bunga yang kompetitif.

“KoinWorks Bank terus bergerak dan berproses menjadi bank yang besar dengan pertumbuhan yang berkualitas. Dalam waktu dekat, kami akan memindahkan kantor pusat ke Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan,” ujar Joko Purwanto, Direktur Utama KoinWorks Bank.

Saat ini, KoinWorks Bank telah memiliki kantor kas di Jakarta Selatan yang telah beroperasi sejak November 2023. Tahun ini, KoinWorks Bank juga akan memperluas layanan dengan membuka cabang baru di Jabodetabek dan menggarap potensi pasar UKM komersil di beberapa kota di Indonesia.

KoinWorks Bank berencana mengintegrasikan portofolio nasabahnya ke dalam aplikasi KoinWorks melalui kerja sama dengan PT Sejahtera Lunaria Annua sebagai pengelola aplikasi KoinWorks. Dengan ini, kedua perusahaan akan berkolaborasi menyediakan fasilitas bagi seluruh pengguna untuk mengelola aset mereka dalam satu ekosistem KoinWorks.

Related