Market Kripto Gonjang-ganjing, Kapan Waktu Tepat Investasi Kripto?

profile photo reporter Bernadinus Pramudita
BernadinusPramudita
14 November 2022
marketeers article
Market Kripto Gonjang-Ganjing, Kapan Waktu Tepat Investasi Kripto? (FOTO:123RF)

Performa market kripto tengah gonjang-ganjing dan secara keseluruhan sedang dalam tekanan. Namun, Tokocrypto menilai masih ada peluang keuntungan jangka panjang dengan strategi menabung kripto.

Seperti diketahui salah satu faktor utama yang menyebabkan market tertekan kali ini dipengaruhi oleh drama yang melibatkan platform crypto exchange global yang mengalami krisis likuidasi. Peristiwa tersebut membuat efek domino yang menyebabkan nilai sejumlah kripto menurun signifikan. 

BACA JUGA: Investor Kripto Waswas, Tokocrypto Utamakan Keberlanjutan Bisnis

Total market cap kripto anjlok ke level US$ 800 triliun dan terendah dalam dua tahun terakhir. Pada saat market kripto yang tengah gonjang-ganjing, VP Growth Tokocrypto, Cenmi Mulyanto mengatakan masih ada strategi yang bisa dijalankan untuk tetap menciptakan peluang keuntungan di masa depan. 

Menurutnya, dengan konsep menabung kripto di saat market anjlok akan mendapatkan keuntungan membeli aset dengan harga bawah atau ‘diskon.’

BACA JUGA: Gandeng Bappebti, Tokocrypto Tekan Transaksi Aset Kripto Berkedok MLM

“Ketika market anjlok, pergerakan aset kripto cenderung sulit diprediksi. Banyak investor setuju bahwa jalan terbaik ke depan adalah dengan mengadopsi strategi Dollar Cost Averaging (DCA) dan Buy The Dip di mana membeli sejumlah aset kripto di saat pasar mengalami koreksi bearish yang signifikan. Konsep ini bisa disebut sebagai nabung kripto,” ujar Cenmi.

Menurut Cenmi, hal yang paling penting untuk dipahami adalah ketika market anjlok bukanlah akhir dari segalanya. Kabar baik, setidaknya secara historis, penurunan kripto akan selalu diikuti oleh kenaikan kuat yang membuat Bitcoin (BTC) dan berbagai altcoin lain bisa mencapai kenaikan harga.

Walaupun dengan terjadi penurunan harga atau ‘diskon,’ investor harus selalu melakukan riset dan tidak terbuai dengan iming-iming keuntungan yang cepat. Pelajari kembali berbagai jenis aset kripto yang saat ini tersedia di pasar atau mencari lebih banyak strategi investasi untuk mengurangi risiko kerugian di masa mendatang.

“Jadi, pastikan investor lakukan analisis mengapa harga turun, dan gali lebih dalam alasannya. Jangan fokus pada jenis-jenis kripto tertentu saja. Strategi nabung kripto bisa jadi peluang keuntungan di market,” kata Cenmi.

Pasang surut investasi aset kripto merupakan sebuah fase yang umum terjadi di industri instrumen keuangan. Apalagi, kripto masih terbilang merupakan instrumen investasi baru yang pertumbuhannya dibarengi dengan gejolak yang terjadi industri dan ekosistemnya.

“Prinsipnya untuk berinvestasi perlu kembali ke fundamental. Secara kolektif market kripto kemungkinan besar memiliki potensi untuk bergerak positif dalam jangka panjang. Market bearish saat ini sudah common dalam dunia kripto. Investor kripto harus selalu bersikap tenang dan tidak perlu panik,” tutur Cenmi.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related