Mengenal 5 Gejala Gangguan Kecemasan yang Bikin Renjun NCT Hiatus

marketeers article
Unggahan Renjun NCT yang membuat penggemar cemas (Foto: Instagram)

Renjun NCT baru-baru ini mengunggah foto wajahnya yang seolah menunjukkan raut sedih di Instagram. Hal tersebut sontak membuat penggemar khawatir, mengingat sang idol belum lama dinyatakan hiatus karena mengalami gangguan kecemasan.

Tak hanya itu, Renjun bahkan mengunggah gambar malaikat yang diikat. Ada pula foto boneka beruang yang ditindih kaca serta gambar wajah sedih, lalu ditambahkan dengan keterangan berbunyi, “Ini aku.”

Pada Sabtu (20/4/2024) lalu, SM Entertainment selaku agensi yang menaungi Renjun memang sudah menyatakan bahwa artisnya itu akan hiatus dari dunia hiburan. Keputusan itu diambil karena sang idol mengalami kesehatan fisik yang buruk dan muncul gejala kecemasan.

BACA JUGA: Dialami Parto Patrio, Begini Gejala Batu Ginjal yang Perlu Diwaspadai

“Karena kesehatan fisiknya memburuk dan mengalami gejala kecemasan baru-baru ini, Renjun melakukan pemeriksaan di rumah sakit. Ia disarankan oleh dokter memerlukan banyak istirahat dan stabilitas,” tulis SM Entertainment, dikutip dari Soompi.

Lantas, seperti apa gejala gangguan kecemasan yang dialami Renjun? Berikut penjelasannya yang dilansir dari Hello Sehat:

Otot Tegang

Salah satu gejala gangguan kecemasan secara fisik ialah munculnya rasa sakit di sekujur tubuh yang menandakan ketegangan otot. ni membuat pengidapnya secara tak sadar menggertakkan gigi, mengepalkan jari, atau menggunakan postur tubuh yang buruk. 

Muncul Jerawat

Pengidap gangguan kecemasan mengalami peningkatan hormon stres, sehingga produksi minyak pada wajah pun turut meningkat. Hal inilah yang membuat munculnya jerawat menjadi salah satu gejala gangguan tersebut.

BACA JUGA: Park Boram Tak Bunuh Diri, Apa Penyebab Meninggal Mendadak di Usia Muda?

Jantung Berdetak Cepat

Selain meningkatkan produksi minyak pada wajah, peningkatan hormon stres juga bisa mempercepat detak jantung. Dengan begitu, tubuh akan mendapat lebih banyak aliran darah yang lantas menghasilkan energi untuk melawan atau lari dari bahaya saat cemas.

Mulut Kering

Mulut kering juga menjadi salah satu gejala gangguan kecemasan. Pertanda ini muncul karena saat cemas, tubuh mengalami hiperventilasi yang lantas membuat Anda bernapas berlebihan lewat mulut.

Keringat Dingin

Pengidap gangguan kecemasan umumnya juga mengeluarkan keringat dingin pada area-area tertentu, seperti ketiak, telapak tangan, dan telapak kaki. Ini karena rasa takut, cemas, dan stres membuat kelenjar keringat memproduksi keringat, sedangkan suhu tubuh tidak meningkat.

Itulah beberapa gejala yang mungkin dialami pengidap gangguan kecemasan seperti Renjun NCT. Jika Anda juga mengalaminya, segera konsultasikan ke psikolog atau psikiater untuk mendapat diagnosis dan penanganan yang tepat.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related