Digital

Mengenal Software HRIS Berbasis Cloud dan Ragam Manfaatnya

Ilustrasi: 123RF

Mengelola sumber daya pada perusahaan secara optimal merupakan hal yang penting. Khususnya untuk perusahaan yang cukup besar, melakukan pengawasan tentu bukan hal yang mudah. Sistem yang tepat guna serta efektif dan optimal untuk digunakan pun kian dibutuhkan. Salah satu yang banyak digunakan oleh perusahaan saat ini yaitu software HRIS berbasis cloud. Seperti apa software HRIS bekerja, lalu apa saja manfaat serta fitur-fitur umumnya?

Software HRIS merupakan singkatan dari Human Resources Information System. HRIS merupakan sistem yang dikembangkan khusus untuk mendukung pekerjaan tim HR perusahaan dalam pengelolaan data karyawan secara optimal.

Software HRIS sudah cukup banyak digunakan oleh berbagai macam perusahaan, mulai dari startup, perusahaan yang tengah berkembang, hingga perusahaan korporasi yang cukup besar. Pasalnya, sistem HRIS dinilai dapat mendukung pengelolaan sumber daya perusahaan menjadi lebih baik dan optimal. Lebih tepatnya menggunakan software HRIS terbaik di Indonesia dapat memberikan banyak manfaat untuk perusahaan dengan penjelasan lebih lanjut di bawah ini.

Secara spesifik, berikut ini beberapa manfaat yang dapat diperoleh jika mengandalkan sistem HRIS pada manajemen HR perusahaan.

Mengoptimalkan Proses Rekrutmen

Dengan menggunakan sistem HRIS, proses rekrutmen yang dilakukan perusahaan dapat dilakukan lebih efektif dan efisien. Seluruh data calon pelamar dapat ditempatkan di satu sistem dan disortir sesuai kebutuhan. Hal ini aka memudahkan tim HR dalam melakukan rekrutmen yang optimal secara otomatis.

Memudahkan Pemantauan Absensi Karyawan

Sistem HRIS juga membantu perusahaan dalam memantau absensi karyawan secara mudah. Dengan adanya sistem absen yang terintegrasi pada sistem HR, tentu akan mudah melihat satu persatu informasi kehadiran karyawan setiap harinya. Termasuk, informasi keterlambatan maupun kelebihan jam kerja, serta informasi apakah karyawan berhalangan hadir atau tidak. Hal ini dapat membantu tim HR memantau performa kehadiran seluruh karyawan secara akurat dan cepat.

Membantu Perhitungan Payroll Otomatis

Salah satu hal yang penting terkait pengelolaan karyawan termasuk melakukan pembayaran payroll setiap bulannya. Sebab itu, sangat penting memastikan bahwa payroll yang dibayarkan pada karyawan sudah tepat dan tidak memiliki kesalahan yang merugikan. Baik untuk sisi karyawan maupun untuk sisi perusahaan.

Di sini, sistem HRIS dapat membantu melakukan hal tersebut secara otomatis. Perusahaan tidak perlu lagi melakukan pekerjaan perhitungan payroll secara manual. Ditambah, umumnya sistem HRIS memiliki integrasi antara payroll dan kehadiran. Sehingga perhitungan payroll tentu lebih tepat dan akurat daripada dilakukan secara manual.

Menjamin Keamanan Data Karyawan

Manfaat sistem HRIS berikutnya yaitu menjamin keamanan data karyawan yang diinput ke dalamnya. Hari-hari ini risiko kejahatan siber makin marak dan pencurian data atau informasi penting bukan hal yang baru lagi. Maka dari itu sangat penting agar perusahaan meningkatkan kewaspadaan dalam hal tersebut. Salah satunya dengan menggunakan software HRIS yang dapat menghindari resiko kebocoran data karyawan.

Membantu Pembuatan Laporan Bulanan

Kebanyakan sistem HRIS juga bermanfaat untuk membantu pelaporan bulanan yang diperlukan oleh perusahaan. Baik dari segi performa kehadiran karyawan, informasi payroll, administrasi HR, dan lain sebagainya. Perusahaan dapat dengan mudah mendapatkan laporan singkat yang akurat yang mampu menjadi dasar analisa untuk ke depannya.

Melalui penggunaan sistem HRIS dengan basis cloud, diharapkan dapat membantu perusahaan dalam mengelola karyawan yang lebih baik dan optimal. Terutama dalam hal fleksibilitas yang dibutuhkan perusahaan di masa sekarang ini.

MARKETEERS X








To Top