Mengenal Tiga Gejala Diabetes yang Harus Diwaspadai

profile photo reporter Muhammad Perkasa Al Hafiz
MuhammadPerkasa Al Hafiz
04 November 2022
marketeers article
Gelaran Shopee Live bertajuk “Kunci Sukses Melawan Diabetes Bersama mGanik” (Foto: mGanik)

Diabetes menjadi kondisi serius ketika kadar glukosa di dalam darah kita melonjak tinggi. Hal ini bisa terjadi oleh dua alasan, yaitu ketika tubuh tidak mampu lagi menghasilkan atau memproduksi insulin sama sekali. Bahkan, insulin yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas tidak berfungsi efektif sehingga tidak mampu lagi mengontrol kadar gula darah. Komunikasi soal diabetes ini menjadi upaya mGanik dalam mengkomunikasikan mereknya.

Hadir sejak tahun 2020, mGanik menjadi merek Indonesia yang menawarkan produk suplemen kesehatan sebagai solusi alami untuk membantu penderita diabetes dan penyakit metabolik.

Perusahaan menyebut, seseorang dengan diagnosis diabetes, mungkin memiliki banyak pertanyaan tentang bagaimana produksi insulin dan kadar glukosa dapat berjalan seimbang dengan kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA: Tips Jaga Kesehatan Mental ala Maybelline New York

Secara umum, diabetes memiliki tiga kategori yaitu tipe 1, tipe 2, dan tipe gestasional. Pada tipe 1, tubuh kita tidak dapat memproduksi insulin sama sekali. Sedangkan tipe 2, insulin yang dihasilkan tidak efektif atau kurang. Sedangkan tipe gestasional umumnya dialami oleh perempuan yang sedang mengalami kehamilan.

Dari ketiga tipe diabetes ini, glukosa tidak lagi dapat masuk ke sel di tubuh kita, sehingga menumpuk di dalam darah. Akhirnya lambat laun hal ini mengarah ke gejala diabetes.

dr. Jeffri Aloys Gunawan, Sp.PD, CHt, FINASIM sebagai perwakilan dari mGanik mengutarakan ada tiga gejala Diabates yang perlu kita ketahui, salah satunya adalah sering pergi ke toilet.

Gejalanya disebut dengan 3P, yakni Polifagia atau banyak makan, sehingga mudah lapar. Kedua, Polidipsia alias banyak minum jadi mudah sekali haus. Lalu, ketiga yaitu Poliuria, alias jadi banyak ke WC atau banyak kencing.

BACA JUGA: Pentingnya Teknologi untuk Kesehatan Mental di Era Digital

“Gejala ketiga ini sering terjadi oleh penderita diabetes, karena disebabkan adanya kebocoran dari urine. Jadi ada gula yang terlalu banyak sehingga turun dan akhirnya keluar di urine,” ujar Jeff yang dikutip dalam perhelatan rebranding mGanik di kanal Shopee Live bertajuk “Kunci Sukses Melawan Diabetes Bersama mGanik” beberapa waktu lalu.

Gejala Poliuria memang sering dialami oleh penderita diabetes. Terkadang terdapat juga gejala-gejala penyerta lainnya. Jika terjadi komplikasi, Jeff menjelaskan terdapat gejala-gejala yang sering terjadi pada penderita diabetes. Misalnya, merasa lemas atau sering merasa lelah, dikarenakan adanya perubahan pada masuknya gula darah ke dalam sel tubuh pada penderita diabetes.

Hal tersebut terjadi karena adanya kekurangan atau resistensi serta kelainan pada hormon insulin yang berfungsi memasukkan gula darah ke dalam sel tubuh sehingga menghasilkan energi. Jika tidak ada tindakan lebih lanjut, justru akan menimbulkan komplikasi.

Michael Candiago, Founder mGanik menjelaskan bahwa perlu adanya pencegahan sejak dini sehingga tidak mengarah pada risiko tersebut. “Melakukan diet seimbang akan memungkinkan penderita Diabetes untuk mengelola kadar gula darah serta membantu dalam menjaga berat badan yang sehat juga tambahkan superfood, dalam memenuhi nutrisi harian kita,” ucap Michael dalam laporannya.

Di sisi lain, kunci sukses dalam melawan diabetes adalah dengan memahami apa yang sedang kita hadapi. “Dengan mengetahui gejalanya, kita bisa mengantisipasi. Pastinya, kita dapat melawan diabetes dengan mengontrol gula darah,” pungkas Jeff.

Related