Uncategorized

Mengintip Diferensiasi Bank btpn

Menurut Anda, apa kunci memenangi persaingan bagi pelaku industri perbankan? Jaringan ATM yang luas, layanan yang mumpuni, bunga yang besar, dan biaya administrasi adalah titik persaingan yang sering kita jumpai di industri perbankan Tanah Air.

Di lain sisi, ada sedikit hal unik yang tengah dibangun oleh bank btpn. Sebagai bank yang fokus ke mass market atau pasar masyarakat kelas ekonomi menengah bawah, bank btpn mengandalkan diferensiasi melalui jalinan kedekatan dengan pelanggannya. Bahkan cara ini mereka klaim sebagai pembeda yang hanya dimiliki oleh mereka. Apa yang diunggulkan oleh btpn?

Bertajuk Program Daya, bank btpn melakukan pengembangan terhadap nasabahnya. “Keseluruhan, kami memiliki lini produk berupa btpn Purnabakti untuk pensiunan, btpn Mitra Usaha Rakyat (MUR) untuk pelaku usaha mikro dan kecil, btpn Mitra Bisnis untuk pelaku usaha kecil dan menengah, serta btpn Sinaya sebagai unit bisnis pendanaan btpn,” Mulia Salim, Direktur btpn saat mewisuda 10 ribu nasabah MUR dan Purnabakti di Bogor, Rabu (16/12/2015).

Selain itu juga mereka memiliki anak perusahaan, yakni btpn Syariah yang fokus melayani komunitas prasejahtera produktif. Dari semua lini produk ini, mereka membangun diferensiasi melalui Program Daya. Nah, Dengan program Daya ini, btpn melakukan pengembangan kapasitas nasabah dan memberikan nilai tambah dari jasa yang mereka tawarkan. Misalnya, untuk nasabah Purnabakti dan MUR, btpn menggelar pelatihan selama satu tahun bekerja sama dengan SB-IPB. Di sini, keduanya bukan sekadar memberikan kelas pengetahuan, melainkan juga pendampingan dalam hal operasional.

“Kami memiliki 90 staf khusus yang mendampingi peserta Daya. Mereka inilah yang menjalin kedekatan dengan konsumen. Seringkali konsumen kami meminta pendapat, bimbingan, curhat, dan jalinan keakraban lainnya. Di sini, kami mencoba membangun unit value proposition (UVP) bisnis ini,” ucap Mulia.

Program Daya ini memiliki tiga pilar utama, yakni aya tumbuh sehat, daya tumbuh usaha, daya tumbuh komunitas. Ketiganya dikerahkan berdasarkan lini produk dan target segmen yang ada. Program Daya ini mencoba untuk menumbuh kembangkan nasabah btpn yang bermuara pada loyalitas hingga advokasi pelanggan. 

MARKETEERS X








To Top