Mudahkan Layanan Cross-border, Bank Mandiri Perkenalkan LATW

marketeers article
Livin Bank Mandiri. (Sumber: Dok Bank Mandiri)

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyediakan fitur Livin’ Around The World (LATW), yaitu kemudahan layanan keuangan cross-border atau lintas batas. Fitur ini bisa diakses bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri.

Lewat seminar Gelora Mahasiswa (Gema) yang diselenggarakan di London, Inggris, fitur itu telah diperkenalkan kepada komunitas penerima beasiswa dan alumni Lembaga Penjamin Dana Pendidikan Indonesia (LPDP) di Inggris Raya dan Irlandia.

“Dengan solusi keuangan cross-border di Livin’ by Mandiri, kami berharap dapat memudahkan para pelajar maupun alumni yang menuntut ilmu di luar negeri dalam mengelola keuangan mereka dengan beragam solusi kebutuhan transaksi finansial maupun nonfinansial,” kata Rohan Hafas, Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri melalui keterangannya di Jakarta, Selasa (7/5/2024).

BACA JUGA: Fokus di Core Competence, Kredit Bank Mandiri di Q1 Capai Rp 1.435 T

Layanan cross-border Bank Mandiri dapat diakses di 119 negara. Melalui LATW, WNI di mancanegara secara praktis membuka rekening langsung melalui aplikasi Livin’ by Mandiri.

WNI yang berada di luar negeri juga dapat mengakses ragam layanan di Livin’ by Mandiri mulai dari Multicurrency Account, Mandiri Debit Multicurrency, cross-border transfer (transfer valas), QR payment cross-border, Livin’ Investasi, Livin’ Tap to Pay, dan seterusnya. Tak hanya kebutuhan finansial, Bank Mandiri juga melayani kebutuhan investasi nasabah, seperti fitur tabungan rencana, deposito, hingga pembelian Reksa Dana maupun Surat Berharga Ritel (SBR) di Livin’ by Mandiri.

“Termasuk pemenuhan kebutuhan gaya hidup lain, seperti pembelian tiket pesawat dari dan ke luar negeri, bahkan kebutuhan pinjaman di Tanah Air lewat fitur Livin’ Sukha,” ujar Rohan.

BACA JUGA: Konsisten Dongkrak SDM, Bank Mandiri Kembali Raih dari LinkedIn

Sepanjang kuartal I 2024, Livin’ by Mandiri mengelola 846 juta transaksi atau meningkat 41,7% secara tahunan (year-on-year/YoY) dengan jumlah pengguna mencapai 24,4 juta atau memelesat 40% secara YoY. Nilai transaksi Livin’ by Mandiri pada periode yang sama telah menembus Rp 921 triliun, tumbuh sebesar 27,4% jika dibandingkan dengan kuartal I tahun 2023.

Dari jumlah tersebut, Bank Mandiri mencatat terdapat sepuluh fitur Livin’ yang paling banyak dimanfaatkan oleh pengguna di mancanegara antara lain transfer, bayar, pembukaan Mandiri Tabungan Rencana, investasi, transfer valas, deposito, top up, installment, Sukha dan QR. Bank Mandiri juga mencatat total rekening tabungan multicurrency yang dibuka melalui Livin’ by Mandiri sejak pada Agustus 2023 hingga kuartal I 2024 mencapai sekitar 30.000 rekening dengan saldo keseluruhan (total balance) mencapai sekitar Rp 950 miliar.

Sementara itu, transaksi transfer valas di Livin’ by Mandiri untuk pengiriman uang ke luar negeri, Bank Mandiri melaporkan jumlah transaksinya sudah mencapai lebih dari 100.000 transaksi dengan nilai lebih dari US$ 100 juta atau setara Rp 1,6 triliun sejak diluncurkan pada Februari 2023.

BACA JUGA: Permudah Aksi Sosial, Bank Mandiri Luncurkan Fitur Livin Sukha Donasi

Editor: Ranto Rajagukguk

Related