Multi Bintang: Cut the Tosh, Bukan Sekadar Kampanye Sustainability

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
18 Mei 2022
marketeers article
Ilustrasi Cut The Tosh Multi Bintang
Cut the Tosh menjadi kampanye terbaru dari Multi Bintang Indonesia untuk menegaskan perhatian produsen merek bir Bintang tersebut terhadap praktik keberlanjutan (sustainability). Namun berbeda dari kampanye lainnya, lewat Cut the Tosh, Multi Bintang ingin menegaskan bahwa gerakan ini merupakan pengingat bahwa penting untuk menghadirkan aksi nyata bukan hanya wacana.
Cut the Tosh ini akan hadir dengan beberapa rangkaian agenda terdiri dari Tipple Talk yang merupakan forum untuk berdiskusi membahas isu lingkungan, sosial, dan responsible consumption. Lalu ada pula Cut the Tosh Incubator yaitu inkubator ide dan inovasi untuk menjawab persoalan terkait sustainability.
Terakhir, Cut the Tosh 3 Days Summit yakni kegiatan mengundang berbagai pihak yang berkontribusi dalam hasil pemikiran dari kolaborasi yang bisa berdampak baik, khususnya bagi Indonesia. 
“Cut the Tosh merupakan penghubung bagi berbagai pihak yang aktif dalam melaksanakan praktik keberlanjutan. Selain itu, kami menyadari bahwa yang menjadi hal penting adalah kolaborasi,” tutur Direktur Corporate Affairs Multi Bintang Indonesia Ika Noviera.
Ika Noviera Saat Bicara Seputar Cut The Tosh
Ika menggarisbawahi lewat kolaborasi, tujuan ke arah sustainability tadi skalanya bisa menjadi lebih besar dan berdampak langsung bagi lebih banyak orang bahkan komunitas.
“Ini lebih dari sekadar kampanye tapi gerakan ini merupakan pengingat bahwa wacana dan perkataan itu tidak memiliki arti tanpa adanya aksi nyata,” tegas Ika.
Sustainability bukanlah sesuatu yang baru di dunia bisnis. Bukan juga hal yang tabu untuk dibicarakan masyarakat. Namun, tidak sedikit yang menjadi hambatan ketika ingin mempraktikkannya. Mulai dari sumber daya hingga berbagai variabel lainnya.
Multi Bintang Indonesia percaya bahwa dengan keterlibatan banyak pihak atau kolaborasi tadi. Berbagai tantangan yang dihadapi bisa terlampaui.
Brewed by The Sun
Sebagai produsen bir, Multi Bintang menyadari bahwa penting bagi pelaku industri untuk mencari alternatif energi dalam operasional bisnisnya. Sebab itu, pada tahun 2025 mendatang, perusahaan memiliki target untuk menggunakan energi terbarukan yakni energi surya.
Brewed by the sun. Tahun 2025 memang hanya beberapa tahun ke depan. Tetapi, kami optimistis untuk melakukannya,” ujar Ika.
Ini juga merupakan komitmen global dari Heineken sebagai perusahaan induk dari Multi Bintang. Mereka berkomitmen untuk menggunakan energi terbarukan, salah satunya sinar matahari. Dan, pada praktiknya, langkah ini menggunakan pendekatan inovatif yang melibatkan generasi muda.
 
 

Related