Naganaya Sebarkan Awareness Soal Kejahatan Siber Lewat NCC 2022

profile photo reporter Maida Beryl S
MaidaBeryl S
31 Mei 2022
marketeers article
Soft Launching Acara National Cybersecurity Connect (NCC) 2022 (Sumber: Naganaya Indonesia)
Tak hanya memberikan manfaat, transformasi digital juga berpotensi untuk mendatangkan ancaman, salah satunya cyber crime atau kejahatan siber. Untuk itu, Naganaya Indonesia berkolaborasi dengan Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Nasional (APTIKNAS) serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) berupaya menyebarkan awareness mengenai ancaman tersebut melalui National Cybersecurity Connect (NCC) 2022.
Berkaca pada kondisi tahun 2021, tercatat bahwa telah terjadi sekitar 1,6 miliar cyber crime berupa serangan siber secara nasional. Kejahatan siber ini diproyeksikan dapat terus terjadi dan mengancam berbagai sektor bisnis di tahun 2022. 
Melihat data tersebut, NCC 2022 hadir sebagai wadah bagi seluruh stakeholders untuk berkumpul dan membahas perkembangan keamanan siber nasional. Peluncuran acara ini bertujuan untuk memperkuat keamanan siber lewat wawasan dan pemahaman demi terciptanya keamanan digital di Indonesia.
“Acara National Cybersecurity Connect (NCC) 2022 dapat menjadi salah satu tempat bagi para stakeholders dari berbagai industri untuk berkumpul dan membahas mengenai kondisi dan perkembangan keamanan siber di Indonesia,” ujar Sulistyo, Direktur Strategi Keamanan Siber dan Sandi (BSSN) dalam keterangan tertulis Naganaya Indonesia.
Sampai saat ini, masih dibutuhkan banyak upaya edukasi terkait cyber security awareness kepada masyarakat, khususnya para pelaku bisnis di berbagai industri di Indonesia. Melalui acara NCC 2022 diharapkan dapat menggaungkan pentingnya kesiapan dalam menghadapi potensi ancaman keamanan siber yang kian meningkat. “Masyarakat, terutama para petinggi atau pemangku kepentingan dalam bisnis harus siap siaga menghadapi ancaman kejahatan siber,” tambah Sulisyto.
Dalam kegiatan NCC 2022, tidak hanya pembicara nasional saja yang akan hadir, namun juga para pembicara ahli dari mancanegara akan mengisi kegiatan tersebut. Nantinya, para pembicara akan memberikan informasi, ilmu, maupun pandangan terkait isu terkini dalam bidang keamanan siber.
Naganaya Indonesia sebagai pencetus kegiatan NCC 2022 menargetkan sekitar 100 peserta pameran dari perusahaan teknologi nasional maupun global, BUMN, startup, kampus, asosiasi dan lembaga pemerintah dapat hadir dan berkesempatan memamerkan teknologi serta informasi terkait bidang keamanan siber.
“Harapannya, acara National Cybersecurity Connect (NCC) 2022 yang sudah resmi diluncurkan ini dapat mewujudkan kolaborasi yang mendukung terciptanya keamanan siber nasional yang terpelihara dengan baik di Indonesia,” tutup Sulistyo
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related