OpenAI Pastikan Kejutan yang Disipakan Bukan GPT-5 dan Search Engine

marketeers article
Ilustrasi logo OpenAI. (FOTO: 123RF)

OpenAI akhirnya angkat bicara seputar rumor yang beredar di publik. Sam Altman, CEO OpenAI membenarkan bahwa perusahaan sedang membuat sesuatu yang baru.

“Bukan GPT-5, bukan search engine, tapi belakangan ini kami sedang bekerja keras membuat sesuatu yang baru yang kami rasa orang-orang akan menyukainya. Rasanya seperti sihir,” kata Altman dikutip dari cuitannya di X, Senin (13/5/2024).

Rumor sebelumnya memang menyiratkan bahwa OpenAI sedang membuat search engine. Menurut rumor yang beredar dari laporan The Informationsearch engine yang sedang dibuat merupakan upaya perusahaan untuk bersaing dengan Google.

BACA JUGA: Saingi Google, OpenAI Akan Luncurkan Search Engine Berbasis ChatGPT

Menurut laporan, mesin pencari tersebut merupakan proyek kerjasama dengan Microsoft, donatur terbesar OpenAI. Google dan Perplexity AI, startup  pencarian berbasis AI yang baru-baru ini melejit ditarget menjadi kompetitor.

Karenanya, tanggal 13 juga disebut menjadi upayanya mencuri momentum dari Google I/O, acara tahunan Google yang diajukan pada 14 Mei 2024.

Menurut laporan Reuters, laboratorium pengembang AI ini  akan meluncurkan search engine miliknya sendiri pada Senin waktu setempat. Peluncuran ini sengaja mengambil tanggal yang tidak jauh dari acara Google I/O untuk mencuri momentum.

Perusahaan Amerika Serikat (AS) ini dinilai melihat persaingan dengan Google semakin serius dalam hal kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Search engine ini sendiri merupakan perpanjangan dari produk andalan ChatGPT, dan memungkinkan ChatGPT menarik informasi langsung dari website dan menyertakan kutipan, menurut Bloomberg. Pengamat industri telah lama menyebut ChatGPT sebagai alternatif untuk mengumpulkan informasi online.

BACA JUGA: Colong Momentum, OpenAI Punya Kejutan Pekan Depan

Perusahaan ini sebelumnya memberikan integrasi dengan Microsoft Bing untuk pelanggan berbayar. Sementara itu, Google telah mengumumkan fitur AI generatif untuk mesinnya sendiri.

Greg Brockman, President of OpenAI mengungkapkan hal senada dengan Altman. Katanya, perusahaan akan menggelar demo untuk alat barunya pada Senin ini waktu setempat.

Bila pembaca ingin menjajal alat baru dari OpenAI, pembaca bisa mengakses ke laman resmi perusahaan, karena uji coba sudah bisa dilakukan sejak Senin (13/5/2024) pukul 17:00 WIB.

Editor: Eric Iskandarsjah

Related