Penjualan iPhone di Cina Meroket 52%

marketeers article
Ilustrasi produk iPhone. (FOTO: 123RF)

Apple mencatat lonjakan signifikan dalam penjualan iPhone di Cina pada bulan April 2024. Berdasarkan data terbaru, penjualan iPhone di Cina meningkat sebesar 52% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kenaikan ini menandai pencapaian penting bagi Apple di tengah persaingan ketat di pasar smartphone global. Pertumbuhan penjualan sebagian besar didorong oleh tingginya permintaan untuk model-model iPhone terbaru, serta peningkatan daya beli konsumen di beberapa pasar utama.

Secara umum, pengiriman ponsel bermerek asing di Cina naik pada bulan April menjadi 3,495 juta unit dari 2,301 juta unit setahun sebelumnya. Hal ini diungkap oleh China Academy of Information and Communications Technology (CAICT) dikutip dari Reuters, Selasa (28/5/2024).

BACA JUGA: Kejar Ketertinggalan, Apple Diprediksi Akan Produksi iPhone Lipat

Lonjakan besar ini diawali kinerja yang lemah pada awal tahun di Cina, saat raksasa teknologi AS tersebut menghadapi persaingan yang semakin ketat di pasar kelas atas dari pesaing lokal seperti Huawei.

Pengiriman Apple di Cina meningkat 12% pada bulan Maret, menandai peningkatan signifikan dari dua bulan pertama tahun 2024, yang saat itu mengalami penurunan penjualan sebesar 37%.

Penjualan diperkirakan akan semakin meningkat pada bulan Mei, karena Apple meluncurkan kampanye diskon agresif bulan ini di situs resmi Tmall di Cina. Apple menawarkan diskon hingga US$ 318 untuk beberapa model iPhone tertentu.

BACA JUGA: Kompetisi Kian Ketat, Penjualan iPhone Turun 10%

Pengurangan harga ini, yang dua kali lipat dari diskon yang ditawarkan pada bulan Februari, dilakukan setelah Huawei meluncurkan seri smartphone kelas atas terbaru mereka, Pura 70, setelah peluncuran Mate 60 pada bulan Agustus tahun lalu.

Huawei mengungguli Apple pada kuartal pertama sebagai vendor smartphone nomor dua di Cina. Merek itu pun meningkatkan kampanye pemasarannya dengan membuka lebih banyak toko flagship dan menambah lebih banyak distributor ritel.

Di periode itu, sub-brand Huawei, Honor, memegang posisi teratas. Secara keseluruhan, penjualan smartphone di Cina meningkat sebesar 25,5% menjadi 22,7 juta unit pada bulan April.

Editor: Eric Iskandarsjah

Related