Perkuat Jangkauan Pasar Ikan Hias, KKP Ajak Kalikan Berkolaborasi

profile photo reporter Adiva Maharani
AdivaMaharani
02 Agustus 2022
marketeers article
Perkuat Jangkauan Pasar Ikan Hias, KKP Ajak Kalikan Berkolaborasi (Foto: KKP)
Dalam memperkuat jangkauan pasar ikan hias air tawar dari para pembudi daya dan pelaku usaha lokal, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengajak kalikan.id (Kalikan), yang dikelola oleh PT Jelajah Inovasi Teknologi, bekerja sama. Melalui kolaborasi ini, teknologi digital akan memiliki peranan penting untuk meningkatkan daya saing di pasar internasional.
“Melalui kerja sama ini, dua belah pihak bersama-sama membangun ekosistem ikan hias air tawar di Indonesia melalui beberapa aksi,” ujar Dirjen PDSPKP, Artati Widiarti, dikutip dari laman KKP.
Peran KKP dalam kemitraan ini adalah mendukung dan mendorong pelaku usaha ikan hias air tawar agar dapat menggunakan platform pemasaran di kalikan.id. Sementara itu, perusahaan berperan sebagai fasilitator bagi pelaku usaha ikan hias air tawar dalam platform tersebut. Kedua belah pihak melaksanakan pendampingan dan bimbingan teknis, kemudian memfasilitasi kegiatan promosi.
“Jadi dalam kerja sama ini, selain menyiapkan marketplace sebagai tempat promosi dan pemasaran, kami juga akan menggelar bazar dan kontes ikan hias air tawar dengan skala besar yang direncanakan pelaksanaannya Oktober nanti di Jakarta. Di samping itu, ada juga pelatihan-pelatihan kepada pelaku usaha supaya kemampuan mereka di bidang marketing misalnya, bisa meningkat,” ujar Artati.
Di Kalikan terdapat tiga nilai bisnis yang disingkat menjadi 3E. E pertama adalah Eksotis, yang mana eksplorasi sophistikasi dari ekosistem ikan hias air tawar harus dilakukan. Kedua adalah E untuk Ekologi, yakni memilih fresh water fish bukan marine fish agar tidak berhadapan dengan kerusakan terumbu karang.
Untuk E yang terakhir adalah Ekonomi kerakyatan, yang berkaitan dengan cara cepat membangun Indonesia melalui pemberdayaan UKM. Sebab itu, Kalikan ingin mengembangkan UKM melalui penyediaan solusi digital agar dapat bertemu dengan importir luar sehingga harga ikan hias air tawar menjadi lebih tinggi. 
Dian Rachmawan, Direktur PT Jelajah Inovasi Teknologi mengungkapkan bahwa nama Kalikan dari “kali” dan ikan jadi memang sudah bisa merepresentasikan antara ikan hias yang khusus air tawar. Selain itu pihaknya percaya bisnis online akan sukses jika ada bentuk fisiknya, sehingga pembangunan wahana rekreasi di Sawangan, Depok pun dicanangkan. 
“Di wahana, kami akan bikinkan exhibition hall kelas internasional. Membantu kota Depok menjadi ikon ikan hias,” tutur Dian.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related