Perkuat Komitmen Dukung Sekolah Vokasi, AHM Kenalkan Konsep TEFA

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
02 Agustus 2022
marketeers article
Suasana peninjauan impelementasi konsep TEFA dalam sekolah vokasi binaan AHM. (FOTO: Astra Honda Motor)
PT Astra Honda Motor (AHM) mengenalkan konsep teaching factory (TEFA), sebagai wujud komitmen perusahaan terhadap pendidikan vokasi di Indonesia. Pelaksanaan konsep TEFA dibangun dengan jalinan kemitraan sekolah binaan dengan jaringan bengkel resmi Astra Honda Authorize Service Station (AHASS). Nantinya, proses belajar dengan konsep TEFA menjadi sarana siswa mendapatkan orientasi soal layanan purna jual sepeda motor.
SMK Bina Mandiri Bekasi mendapat kesempatan sebagai sekolah vokasi binaan pertama, yang menerapkan konsep TEFA dari AHM. Acara peresmian pelaksanaan program TEFA di SMK Bina Mandiri Bekasi digelar pada Selasa (2/8/2022). Seremoni tersebut juga dihadiri perwakilan AHM, AHASS di kawasan Bekasi, serta PT Daya Adicipta Motora (DAM).
“Dengan semangat Sinergi Bagi Negeri dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, kami berusaha membekali peserta didik dengan pengalaman lebih mendalam. Terutama, sesuai praktik profesional yang ada di industri sepeda motor,” kata Ahmad Muhibbudin, General Manager Corporate Communication AHM, dalam keterangan resmi yang diterima Marketeers.
Usai peresmian penerapan konsep TEFA yang dikembangkan AHM, kegiatan pendidikan vokasi SMK Bina Mandiri Bekasi akan didekatkan dengan suasana kerja profesional. Secara khusus pada kegiatan belajar yang mengembangkan pengetahuan dan keterampulan siswa terkait teknik dan bisnis sepeda motor. Sekaligus, pelatihan pemberian layanan purna jual kepada konsumen.
Latar belakang penunjukan SMK BIna Mandiri Bekasi sebagai sekolah mitra binaan yang menerapkan program TEFA, karena statusnya sudah mencapai Grade A+. Sekolah tersebut juga menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK), serta dilengkapi sarana workshop. Di dalamnya, terdapat fasilitas berupa ruang tunggu konsumen maupun dua buah pit sebagai tempat perbaikan sepeda motor.
Kelengkapan fasilitas yang mendukung konsep tersebut, menjadikan SMK Bina Mandiri Bekasi turut didaulat sebagai sekolah vokasi binaan AHM dengan label Pos AHASS TEFA. Sehingga, setiap layanan purna jual bagi konsumen seperti perawatan berkala dan pergantian oli maupun suku cadang diawasi langsung oleh mekanik AHASS. Dalam hal ini, teknisi yang melakukan pengawasan didatangkan dari AHASS 8099 Murni Subadja, Bintara, Bekasi.
AHM tercatat sudah mempunyai sekolah binaan berupa SMK TBSM Astra Honda sebanyak 715 buah yang tersebar di34 provinsi seluruh Indonesia. Sebanyak 84 sekolah di antaranya merupakan TUK yang dimanfaatkan siswa dan siswi mengikuti UKK Astra Honda. Adapun, implementasi kurikulum TBSM Astra Honda, yang digunakan sebagai dasar pengembangan pendidikan vokasi oleh AHM, telah dilakukan sejak tahun 2010. 
Editor: Ranto Rajagukguk

Related