PT EMLI Hadirkan Solusi Mobil Serv Grease Analysis Bagi Sektor Industri

profile photo reporter Medikantyo Adhikresna
MedikantyoAdhikresna
23 Juni 2022
marketeers article
ExxonMobil Lubricants Indonesia mengenalkan solusi Mobil Serv Grease Analysis untuk pelanggan di Indonesia (FOTO: Medikantyo Adhikresna/Marketeers)
PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) mengenalkan Mobil Serv Grease Analysis sebagai solusi terbaru untuk berbagai pelaku industri di Tanah Air. Layanan ini menghadirkan analisis grease atau gemuk yang digunakan dalam operasional komponen alat berat, seperti di sektor manufaktur hingga pertambangan. Seremoni pengenalan layanan ini dilakukan pada Kamis (23/6/2022) di The Westin Hotel, Jakarta.
Layanan terbaru Mobil Serv Grease Analysis dari EMLI menggunakan perangkat tes yang terbilang mudah digunakan maupun ringan dari segi bobot. Sampel yang diambil menggunakan perangkat analisis Mobil Serv, nantinya dikirimkan menuju laboratrium milik ExxonMobil di Kanada. Hasilnya dapat diterima oleh setiap perusahaan sebagai pengguna layanan dalam enam hari kerja.
“Kami akan melakukan enam pengujian yang nanti akan memunculkan kurang lebih 33 hasil atau item dari berbagai aspek seperti dari aditif, keausan, kontaminasi, hingga fisik grease itu sendiri. Nanti hasilnya akan diberikan kepada pelanggan melalui platform Mobil Serv Grease Analysis,” ujar Blasius Setiawan, Field Engineering Service General Manager PT EMLI, dalam sesi konferensi pers dengan awak media pada Kamis (23/6/2022).
Enam pengujian sampel dalam analisis Mobil Serv meliputi grease thief index, water, color, ferrous particles, pemeriksaan infrared, hingga pengujian trace metals. Blasius menambahkan layanan Mobil Serv Grease Analysis untuk pasar Indonesia merupakan yang kedua diperkenalkan. Sebelumnya, layanan ini lebih dulu diperkenalkan untuk kalangan pelanggan di Amerika Serikat dan Kanada.
Walaupun belum banyak dilakukan oleh pemilik usaha serta pengguna alat berat di Indonesia, layanan analisis grease seperti ditawarkan Mobil Serv mempunyai banyak manfaat. Termasuk meningkatkan masa pakai komponen, pengurangan penggantian suku cadang akibat kerusakan berat, hingga masa tunggu (down time) selama alat berat milik pelanggan mengalami perbaikan.
“Diharapkan adanya layanan baru dari Mobil Serv ini dapat memberikan dampak positif, bukan hanya dalam jangka pendek tapi juga untuk periode lebih panjang. Pengaruhnya akan dirasakan langsung pada kelangsungan bisnis dan operasional setiap perusahaan sehingga dapat meraih target secara maksimal,” kata Syah Reza, Presiden Direktur PT EMLI, dalam pernyataan kepada para jurnalis.
Untuk mengenalkan manfaat layanan terbaru berupa analisis grease dari Mobil Serv, EMLI secara khusus menggelar seminar secara offline bersama Perkumpulan Tenaga Ahli Alat Berat (PERTAABI). Dalam kesempatan tersebut, PT EMLI memberikan sosialisasi serta edukasi secara langsung kepada para ahli serta tenaga profesional terkait operasi alat berat di lintas sektor industri.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related