Puncaki Tangga Lagu, Ini Makna MV dan Lirik Welcome to the Show DAY6

marketeers article
DAY6 dalam MV Welcome to the Show (Foto: Instagram)

Band asal Korea Selatan, DAY6, akhirnya merilis FOUREVER yang merupakan mini album perdana mereka usai menyelesaikan wajib militer, pada Senin (18/3/2024) lalu. Melansir Allkpop, title track dari album tersebut yang berjudul Welcome to the Show bahkan sukses memuncaki sederet tangga lagu K-Pop.

Beberapa chart yang dimaksud ialah VIBE, Bugs, dan Melon. Untuk tangga lagu VIBE dan Bugs, Welcome to the Show langsung menjadi nomor satu sehari usai dirilis. 

Adapun di chart Genie, lagu itu sudah mengamankan diri dalam posisi sepuluh besar. Pencapaian yang demikian sejatinya tak mengherankan.

Pasalnya, Welcome to the Show dan enam lagu lainnya yang termuat dalam album FOUREVER menjadi pengobat rindu bagi para penggemar yang ditinggal wajib militer sejak tahun 2021.

Terlebih lagi, mini album ini menjadi album dengan formasi DAY6 yang baru setelah kepergian Juhnyeok pada tahun 2016. Diikuti oleh Jae, yang meninggalkan grup pada tahun 2021 ketika member lainnya menjalani wajib militer.

BACA JUGA: BABYMONSTER Segera Rilis Mini Album, Ada Lagu dari Charlie Puth!

Karena itulah, Welcome to the Show dibuat dengan menyiratkan sejumlah makna, baik dalam musik video ataupun liriknya. Berikut ulasannya:

Makna Lirik Welcome to the Show

FOURVER sendiri punya kiasan dan harapan. Para member DAY6 berharap bahwa musik yang mereka ciptakan bersama akan bertahan selamanya, seolah-olah ingin menegaskan kalau tidak akan ada lagi kepergian member di masa depan.

Adapun lagu utamanya, yakni Welcome to the Show, menggambarkan perjalanan menaklukkan mimpi bersama-sama. Lagu ini mengisahkan tentang mereka yang bergandengan tangan untuk bersama-sama menyambut ‘pertunjukan’ baru dalam hidup. 

Di satu sisi, Welcome to the Show memang terdengar seperti cerita sepasang kekasih. Namun di sisi lain, lagu ini juga menyiratkan rasa terima kasih DAY6 pada fansnya, My Day, yang telah menunggu mereka sejak lama.

BACA JUGA: 5 Fakta Menarik Kim VVUP, Idol K-Pop asal Indonesia yang Duet dengan Opick

Makna MV Welcome to the Show

Makna dari lirik lagu Welcome to the Show yang demikian juga tersirat dalam musik videonya. Kisahnya dibuka dengan seorang perempuan yang memerankan tokoh pendukung di sebuah pertunjukan, namun bermimpi untuk menjadi pemeran utama.

Ketika semua orang meninggalkan panggung usai latihan selesai, perempuan itu tampak ragu untuk pergi dan melihat mahkota yang dipakai si pemeran utama. Begitu mahkota dipakainya, ia seolah telah meraih mimpinya.

Di sisi lain, ada seorang penata cahaya panggung yang diam-diam ternyata memperhatikan si perempuan itu. Ketika aktris pendukung itu bermimpi jadi pemeran utama, ia mengarahkan cahaya untuknya dan ikut bermimpi tentang kehidupan yang bahagia bersamanya.

Ketika kembali ke realita, laki-laki penata cahaya itu pun memberi cincin yang pada akhirnya diterima oleh sang aktris pendukung. Fase antara ‘mimpi’ dan ‘kenyataan’ juga terlihat dalam penampilan anggota DAY6 ini sendiri.

Editor: Ranto Rajagukguk

Awalnya, para anggota berada di ruang latihan yang menunjukkan fase kenyataan. Begitu tirai dibuka, keempat anggota tampil di panggung dengan latar langit biru berawan, yang ternyata adalah fase mimpi dalam cerita mereka.

Related