Rahasia Sukses Penjualan Uniqlo Indonesia: Fokus pada Pelanggan

marketeers article
Sumber: 123RF

Di era digital saat ini, mengubah layanan dan pengalaman pelanggan menjadi penjualan yang signifikan bukanlah sekadar pilihan, melainkan suatu kewajiban bagi setiap perusahaan yang ingin bertahan dan berkembang. Strategi ini menuntut perusahaan untuk memahami dan memenuhi kebutuhan serta keinginan pelanggan dengan tepat, menciptakan interaksi yang personal dan memuaskan di setiap titik kontak. 

Uniqlo Indonesia sebagai salah satu merek ritel global berhasil melakukan hal tersebut. Uniqlo Indonesia memegang teguh prinsip bahwa semua produknya harus bermula dari pemahaman akan kebutuhan pelanggan, bukan sekadar mengikuti tren atau keinginan sesaat. 

Misalnya, produk Airism yang diciptakan sebagai respons terhadap kebutuhan akan pakaian yang nyaman dan tidak membuat gerah selama musim panas, menjadi bukti nyata bagaimana perusahaan dapat mengubah wawasan pelanggan menjadi inovasi produk yang relevan.

BACA JUGA: UNIQLO x marimekko Summer 2024 Hadir dengan Permainan Motif dan Warna

Selain fokus pada inovasi produk, Uniqlo Indonesia juga memperhatikan pengalaman pelanggan secara keseluruhan. Mereka meluncurkan aplikasi sebagai upaya untuk memperluas akses pelanggan dan memberikan kemudahan berbelanja. 

“Dengan aplikasi ini, pelanggan dapat berbelanja secara langsung tanpa harus datang ke toko fisik, sehingga meningkatkan kenyamanan dan fleksibilitas dalam berbelanja,” ujar Yulia Rachmawati, Corporate PR & Sustainability Uniqlo Indonesia.

Uniqlo Indonesia juga memberikan perhatian yang besar pada pelatihan dan pendidikan staf mereka. Mereka memastikan bahwa setiap staf memiliki pengetahuan yang cukup untuk memberikan konsultasi kepada pelanggan dan memberikan layanan yang ramah dan informatif. 

Hal ini menunjukkan komitmen Uniqlo Indonesia untuk memberikan pengalaman pelanggan yang optimal.

BAC JUGA: Bawa Pengalaman Baru, Uniqlo Hadirkan Pakaian Berbahan UV Protection

“Kami juga menggunakan data pelanggan secara aktif untuk meningkatkan layanan dan produk mereka. Melalui pengumpulan “voice of customer” dari berbagai toko, kami dapat memahami preferensi dan kebutuhan pelanggan secara lebih mendalam. Data ini kemudian digunakan untuk menginformasikan pengembangan produk baru dan peningkatan layanan yang lebih baik,” ujar Yulia.

Secara keseluruhan, Uniqlo telah berhasil mengubah layanan dan pengalaman pelanggan menjadi faktor yang mempengaruhi penjualan mereka dengan fokus pada inovasi produk, pelayanan pelanggan yang baik, dan penggunaan data pelanggan yang efektif.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related