Rayakan Hari Ibu, Jersey Pemain AC Milan Gunakan Nama Ibu

marketeers article
Pemain AC Milan gunakan nama ibu pada jersey. (FOTO: AC Milan)

Italia melakukan perayaan Hari Ibu setiap tanggal 12 Mei. Klub sepakbola AC Milan pun turut merayakan Hari Ibu dengan mengganti nama pemain pada jersey klub menjadi nama ibu dari masing-masing para pemain.

Hal unik ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan perhatian terhadap hak identitas pribadi setiap individu. Selama pertandingan di San Siro pada hari Sabtu (11/5/2024), nama keluarga pihak ibu diumumkan bersamaan dengan nama keluarga pihak ayah ketika susunan pemain diumumkan, baik oleh penyiar stadion maupun di layar lebar.

Selain itu, di antara anak-anak yang menemani para pemain AC Milan ke lapangan pada awal pertandingan, klub juga menyambut beberapa anak muda penerima manfaat dari proyek Corner Mom-Child yang dipromosikan oleh asosiasi La Rotonda, yang didedikasikan untuk mendukung para ibu yang memiliki anak berusia 0 hingga 2 tahun.

BACA JUGA: AC Milan vs Bologna 2-2, I Rossoneri Gagal Penalti Dua Kali

Giorgio Furlani, CEO AC Milan mengatakan, klub merasa senang dan bangga dengan inisiatif yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang persamaan hak dalam memilih nama keluarga anak-anak.

“Sebuah operasi yang sejalan dengan visi AC Milan yang selalu mengedepankan nilai-nilai positif, seperti kesetaraan sosial dan gender, untuk berkontribusi pada perubahan budaya yang umum dan dimiliki bersama,” kata Giorgio Furlani dikutip dari website resmi klub, Minggu (12/5/2024).

Inisiatif unik dan mengharukan ini pun disambut dengan sangat antusias oleh para pemain. Davide Calabria, Kapten Tim Utama Putra AC Milan mengatakan, dalam pertumbuhan pribadi dan profesionalnya, sosok ibu adalah orang yang paling penting.

Ac milan hari ibu

“Dia mengorbankan segalanya untuk saya, mengajari saya semangat pengorbanan dan dedikasi. Mengenakan nama belakangnya di lapangan akhir pekan ini menjadi kebanggaan besar bagi saya,” kata Davide Calabria.

Seragam khusus yang menampilkan nama keluarga ibu dikenakan oleh Tim Utama Putra pada hari Sabtu saat pertandingan kandang melawan Cagliari. Seperti halnya setiap pertandingan, kaus tersebut kemudian akan dilelang di MatchWornShirt, dan sebagian hasilnya akan disumbangkan ke Fondazione Milan.

Pada kesempatan ini, donasi tersebut akan mendukung proyek A Goal to Dream, yang mempromosikan pemberdayaan perempuan melalui olahraga di Pakistan. Selain tim pria, Tim Utama Perempuan AC Milan juga menggunakan nama keluarga ibu pada hari Minggu, 12 Mei, saat mereka menghadapi Napoli.

Valentina Bergamaschi, Kapten Tim Utama Perempuan AC Milan mengatakan, ibu  adalah wanita paling penting dalam hidupnya.

BACA JUGA: AC Milan vs Atalanta 1-2, I Rossoneri Tersingkir dari Coppa Italia

“Saya bangga mewakili klub pada hari istimewa ini, yang memilih untuk meningkatkan kesadaran mengenai isu-isu penting seperti kebebasan untuk memilih nama keluarga anak-anak. Kesetaraan gender juga mencakup hal-hal seperti itu,” kata Valentina Bergamaschi.

Inisiatif ini, yang diciptakan melalui kerja sama dengan Serviceplan Italia dan dipromosikan oleh Liga Serie A, sejalan dengan komitmen AC Milan untuk mempromosikan nilai-nilai kesetaraan, keberagaman & inklusi serta berkontribusi terhadap perubahan positif di dalam dan di luar dunia sepak bola.

Sebelumnya, pada 27 April 2022, Mahkamah Konstitusi menganggap undang-undang yang memberlakukan atribusi otomatis atas nama keluarga pihak ayah bersifat diskriminatif. Sejak 1 Juni tahun itu, menurut hukum Italia, kedua orang tua harus berhak memilih nama belakang anak mereka, sebagai elemen fundamental dari identitas pribadi mereka.

Editor: Eric Iskandarsjah

Related