Career

Rekomendasi Aplikasi Akuntansi Android Untuk Freelancer

Ilustrasi: 123RF

Aktivitas pekerja lepas atau freelancer sedang jamak diminati oleh masyarakat. Di sisi lain, permintaan akan pekerja lepas juga datang dari banyak perusahaan. Meski statusnya sebagai pekerja lepas, seorang freelancer yang mampu mengatur pekerjaan dan keuangannya dengan baik bukan tidak mungkin akan berkembang hingga menjadi sebuah badan usaha.

Untuk itu pula, kebutuhan aplikasi akuntansi bagi para freelancer semakin penting dalam mendukung kesehatan keuangan mereka. Mengutip dari laporan Mekari, aplikasi akuntansi akan membantu para freelancer untuk mencatat pendapatan dan pengeluaran bisnis mereka.

Tidak hanya itu, dengan aplikasi juga akan memudahkan para freelancer dalam membuat invoice dan menagih piutang pendapatan mereka dari para klien. Begitu juga ketika mencatat dan mengurus pajak. Beranjak dari sini, Mekari melalui unit bisnis mereka yakni Jurnal merangkum beberapa aplikasi akuntansi yang bisa diakses melalui smartphone Android untuk para freelancer.

Jurnal
Sebagai perusahaan perangkat lunak, Mekari memiliki software akuntansi Jurnal. Software ini bisa diakses dalam bentuk web dan aplikasi akuntansi Android. Saat ini, aplikasi Jurnal telah diunduh lebih dari 100 ribu pengguna android di seluruh Indonesia.

Software ini mengusung beberapa kelebihan, mulai dari fitur berbasis Cloud, user interface yang intuitif, fitur penagihan invoice otomatis, laporan pajak otomatis, hingga dashboard performa bisnis yang informatif.

Selain itu, aplikasi jurnal juga dilengkapi dengan fitur pendidikan dengan berbagai format yang bisa Anda akses secara bebas. Biaya berlangganan aplikasi Jurnal juga cukup terjangkau untuk freelancer, yakni Rp 199 ribu per bulan.

Wave
Apabila Anda mencari aplikasi yang berasal dari luar negeri, maka Wave adalah salah satu pilihan terbaik. Aplikasi ini cocok untuk digunakan oleh freelancer sebab desainya yang mudah diikuti dan bebas biaya langganan.

Hanya saja, untuk mengelola catatan uang yang masuk dan keluar bank atau melakukan transaksi pembayaran, Wave menetapkan biaya sebesar 2,9% plus US$ 0,30 hingga 1% dari total keseluruhan nilai transaksi.

Xero
Aplikasi akuntansi android rekomendasi selanjutnya adalah Xero, sebuah software dan aplikasi akuntansi yang berkembang di New Zealand sejak tahun 2006. Xero memiliki user interface yang mudah diikuti juga. Hanya saja, jika Anda ingin berlangganan Xero, Anda harus merogoh kocek mulai dari US$ 11 setiap bulannya.

Zobo Books
Salah satu aplikasi akuntansi android lainnya yang cukup terjangkau untuk freelancer adalah Zoho Books. Untuk berlangganan aplikasi ini, Anda hanya perlu mengeluarkan dana sebesar US$ 15 USD (sekitar Rp 225 ribuan) setiap bulannya.

Dengan nominal tersebut, Anda bisa mengakses berbagai fitur yang disediakan seperti, document management, pengaturan pajak, akuntansi dengan multi currency dan lain-lain. Belum lagi, aplikasi ini juga dikenal sebagai aplikasi dengan user interface yang mudah diikuti.

Most Popular








To Top