RestorActive Fest, Inisiatif Nestle Boost Optimum untuk Lansia

marketeers article
Nestle Boost Optimum Hadirkan RestorActive Fest untuk Lansia. (Nestle)

Nestle Boost Optimum meluncurkan program RestorActive Fest. Program ini bertujuan menginspirasi para lanjut usia (lansia) agar menjalani hidup yang lebih sehat dan aktif, melalui edukasi tentang pentingnya pemenuhan gizi dan aktivitas fisik.

RestorActive Fest adalah hasil kolaborasi Pentahelix antara Nestle Boost Optimum dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Pengurus Pusat Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PP PERGEMI), divisi Geriatri FKUI RSCM, dan komunitas lansia. Program ini diharapkan dapat memberikan edukasi menyeluruh tentang kesehatan lansia.

BACA JUGA: Merasa Stres saat Merawat Lansia? Ini 6 Cara Mengatasinya

Ade Rustama, Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kemenko PMK mengatakan melalui kegiatan RestorActive Fest, Nestle Boost Optimum mengedukasi para lansia untuk menjadi lebih sehat dan bahagia.

“Kegiatan ini mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup lansia di Indonesia,” kata Ade dalam laporannya, Senin (10/6/2024).

BACA JUGA: Riset Ungkap Warga Lansia Asia Masih Andalkan Transferan Anak

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), persentase penduduk lansia di Indonesia pada tahun 2023 mencapai 11,75% dan diperkirakan meningkat dua kali lipat pada 2045. Sebab itu, program tersebut relevan dengan strategi nasional dalam meningkatkan kesejahteraan lansia.

Erfin Suraida, Business Executive Officer Nestle Health Science menjelaskan Nestle Boost Optimum berkomitmen untuk menginspirasi para lansia agar menjalani hidup yang lebih sehat.

“Dengan fokus pada pemenuhan gizi dan aktivitas fisik, kami berharap dapat membantu para lansia mencapai kualitas hidup yang lebih baik,” ujar Erfin.

Program RestorActive Fest merupakan tindak lanjut dari hasil penelitian tentang pengaruh konsumsi Boost Optimum dan resistance training. Penelitian yang melibatkan 120 responden lansia selama 12 minggu ini menunjukkan konsumsi Boost Optimum dan latihan fisik dapat mencegah kerentanan otot, memperbaiki kekuatan otot, dan meningkatkan kualitas hidup lansia.

Siti Setiati, Pembina PP PERGEMI dan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsulen Geriatri menekankan pentingnya pemenuhan gizi dan aktivitas fisik.

“Suplementasi gizi yang mengandung protein harus diimbangi dengan latihan fisik secara rutin untuk mencegah kerentanan otot dan meningkatkan kualitas hidup,” ucap Siti.

RestorActive Fest tidak hanya diadakan di Jakarta, tetapi juga akan diperluas ke puskesmas dan komunitas lansia di kota-kota lain di Indonesia. Program ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mengubah pandangan masyarakat tentang penuaan, bahwa penuaan tidak menghalangi kebahagiaan dan kualitas hidup yang baik.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related