Automotive

Review New Pajero Sport: DNA “Live The Adventure” Sangat Kuat Terasa

Foto: New Pajero Sport Ultimate Dakar 4x2

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pada Februari lalu merilis generasi terbaru dari Pajero Sport. MMKSI memasarkan New Pajero Sport dalam enam varian, di antaranya terdapat tiga varian yang memiliki emblem Dakar seperti; Dakar 4×2, Dakar 4×2 Ultimate, dan Dakar 4×4 Ultimate. Setelah mengupas tuntas keandalan dan fitur New Pajero Sport, tim Marketeers beruntung bisa mencobanya secara langsung. Lantas, seperti apa sensasi mengendarai SUV ladder frame satu ini?

Berkesempatan membawa New Pajero Sport Ultimate Dakar 4×2 hampir sepekan, tim Marketeers merasakan DNA yang kuat dari mobil yang membawa taglineLive the Adventure” ini, bahkan sejak pertama mesin diesel berkode 4N15 ini dinyalakan. Dengan kubikasi 2.400cc disertai dengan teknologi MIVEC Turbocharger dan intercooler, mobil ini menghasilkan suara cukup hening meski bukan yang paling hening di segmennya dan minim getaran.  Minimnya suara mesin berpadu sempurna dengan kesenyapan dari kabin, bahkan suara mesin nyaris tidak terdengar ketika kami berada di dalam kabin.

Sementara untuk tenaga, mobil bongsor ini cukup responsif ketika kaki menginjak pedal untuk pertama kalinya. Di atas kertas, mesin 2.400cc diesel ini mampu menghasilkan tenaga 178.5 hp di 3.500 rpm serta torsi sebesar 430Nm di 2.500 rpm. Dengan paduan teknologinya, New Pajero Sport menghadirkan sensasi berkendara yang bertenaga dan seakan berbicara bahwa “Saya bisa diandalkan untuk melibas medan jalan yang berat”.

Kenyamanan kabin juga dipengaruhi oleh bantingan suspensi yang empuk. Keempukan suspensi ini juga terasa di dua medan jalan yang berbeda, baik ketika di bawa ke jalan tidak rata atau tanah dan juga jalan aspal. Satu kekurangannya adalah gejala limbung ketika diajak berbelok namun itu merupakan hal yang wajar dari SUV ladder frame.

Selain itu, cukup terasa melelahkan untuk pengemudi ketika mobil ini harus berjibaku di tengah kemacetan Ibu Kota Jakarta setiap hari. Tentu, jika New Pajero Sport akan menjadi mobil yang menemani mobil city car atau hatchback di garasi Anda, dua pilihan lain tadi bisa menghadirkan kenyamanan lebih. Beda cerita ketika pengendara diharuskan melahap perjalanan jauh dengan medan yang beragam. New Pajero Sport sangat menyenangkan.

Nilai plus lain dari New Pajero Sport Ultiimate Dakar 4×2 ini adalah fitur keamanannya yang berlimpah. Fitur-fitur baru seperti Ultrasonic Miss-aceleration Mitigation System (UMS), Forward Collision Mitigation System (FCM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Blind Spot Warning (BSW) dengan Lane Change Assist (LCA) sudah menjadi standar untuk varian Dakar Ultimate 4×2.

Canggihnya lagi, varian New Pajero Sport ini juga telah dilengkapi dengan Adaptive Cruise Control. Semua fitur yang disematkan dalam ladder frame andalan Mitsubishi ini selain memberikan rasa aman juga sekaligus menjadi pembeda antara varian Dakar Ultimate 4×2 dengan Dakar 4×2.

Secara keseluruhan, tidak salah jika Anda memimpikan New Pajero Sport sebagai mobil SUV pertama Anda. Apalagi, dengan harga Rp 624,7 juta, mobil ini menawarkan value proposition yang mumpuni dengan DNA yang kuat untuk mewujudkan positioning sebagai “Rajanya SUV”.

MARKETEERS X








To Top