Sambut Penerapan AI Generatif, MediaTek Rilis Dimensity 9300+,

marketeers article
Cip MediaTek Dimensity 9300+. (FOTO: MediaTek)

MediaTek mengumumkan peluncuran Dimensity 9300+, cip selular terbaru dalam portofolio Dimensity mereka. Dimensity 9300+ hadir dengan peningkatan clock speed dan dirancang untuk mempercepat pemrosesan artificial intelligence (AI) generatif pada perangkat.

Cip ini juga hadir dengan menawarkan dukungan yang lebih luas untuk LLM (large language models) dan peningkatan kinerja lainnya, dibandingkan dengan pendahulunya, Dimensity 9300.

JS Hsu, Corporate Senior Vice President MediaTek mengatakan, Dimensity 9300+ akan membantu perusahaan untuk terus membangun ekosistem yang kaya pada aplikasi AI generatif berkat dukungan LLM yang luas pada cip tersebut serta LoRA Fusion pada perangkat.

BACA JUGA: Didukung Chipset MediaTek Dimensity 8300 Ultra, Poco X6 Pro 5G Segera Meluncur

“Guna meningkatkan pengalaman AI ini, Dimensity 9300+ menawarkan kinerja dan penyempurnaan yang mengesankan untuk mempercepat inferensi LLM, sehingga menjalankan token jauh lebih cepat untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik,” kata JS Hsu dalam siaran pers kepada Marketeers, Rabu (8/5/2024).

Dimensity 9300+ memanfaatkan desain All-Big-Core dengan manufaktur TSMC 4nm generasi ketiga. Cip ini memiliki satu inti Arm Cortex-X4 yang beroperasi hingga 3,4 GHz, ditambah tiga inti Cortex-X4, dan empat inti Cortex-A720.

Dengan teknologi NeuroPilot Speculative Decode Acceleration baru dari MediaTek dalam mesin AI generatif terbarunya, cip ini menawarkan pemrosesan AI yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

BACA JUGA: Perkuat Portfolio 5G, MediaTek Rilis Cipset SoC Dimensity 8300

Mesin APU 790 AI yang kuat memungkinkan Dimensity 9300+ untuk mendukung LLM dengan parameter 1B, 7B, dan 13B, dengan skalabilitas hingga 33B, serta menjalankan LLM dengan cepat dan efisien.

Selain itu, cip terbaru ini juga mengintegrasikan mesin ray tracing perangkat keras generasi kedua dengan GPU Arm Immortalis-G720, memberikan pengalaman ray tracing yang cepat bagi para gamer pada kualitas 60 FPS.

Cip ini pun dilengkapi dengan teknologi HyperEngine terbaru dari MediaTek, yang membawa peningkatan signifikan dalam berbagai aspek video game.

Hadirnya fitur MediaTek Adaptive Gaming Technology (MAGT) memberikan peningkatan efisiensi daya pada game populer, sementara Network Observation System (NOS) baru dari HyperEngine meningkatkan konkurensi jaringan ganda WiFi/Seluler, yang diklaim bisa menghemat daya hingga 10% dan penghematan data seluler hingga 25%.

BACA JUGA: Diam-diam, Apple Kembangkan Cip AI Khusus untuk Pusat Data

Dalam hal fotografi dan videografi, Dimensity 9300+ mengintegrasikan ISP Imagiq 990 dari MediaTek yang menawarkan pemrosesan RAW 18-bit. Imagiq 990 juga memiliki mesin video analisis semantik AI bawaan untuk mendukung fitur videografi AI tingkat lanjut termasuk segmentasi 16 adegan dengan pengambilan video real-time.

Selain itu, cip ini menggunakan MiraVision 990 dari MediaTek, yang dilengkapi dengan teknologi AI depth engine untuk menyempurnakan konten ponsel pintar.

Sehingga, Dimensity 9300+ tidak hanya cocok untuk berbagai aplikasi AI, tetapi juga menyediakan konektivitas yang cepat dan andal dengan modem 5G R16 yang mendukung 4CC-CA Sub-6GHz dengan downlink hingga 7Gbps.

Editor: Eric Iskandarsjah

Related