Samsung Electronics Resmi Produksi Cip 3nm Pertama Di Dunia

profile photo reporter Bernadinus Pramudita
BernadinusPramudita
30 Juni 2022
marketeers article
Samsung Resmi Produksi Cip 3nm Pertama Di Dunia (FOTO:123RF)
Raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung Electronics mengatakan bahwa perusahaan telah mulai memproduksi cip secara massal dengan teknologi 3-nanometer (nm) yang pertama di dunia. Hal ini juga secara otomatis menjadikan Samsung Electronics sebagai produsen pertama cip 3nm.
Peningkatan pada cip 3nm dibandingkan dengan cip 5nm berada pada pengurangan konsumsi daya, peningkatan kinerja, dan mengurangi area. Performa tersebut akan meningkat lagi pada produksi cip 3nm di generasi kedua.
“Dibandingkan dengan proses pada cip 5nm, proses pada cip 3nm generasi pertama dapat mengurangi konsumsi daya hingga 45%, meningkatkan kinerja sebesar 23%. Teknologi ini juga dapat mengurangi area sebesar 16% dibandingkan dengan 5nm. Sedangkan proses 3nm generasi kedua adalah mengurangi konsumsi daya hingga hingga 50%, meningkatkan kinerja hingga 30% dan mengurangi area hingga 35%,” kata Samsung dikutip dari situs resmi perusahaan, Kamis (30/6/2022).
Cip 3nm akan diproduksi untuk penggunaan pada industri manufaktur terlebih dahulu. Namun, Samsung Electronics berniat akan memproduksi cip 3nm untuk digunakan pada smartphone. Terlebih, karena Samsung jelas memiliki bisnis penjualan smartphone.
“Kami akan melanjutkan inovasi dalam pengembangan teknologi yang kompetitif dan membangun proses yang membantu mempercepat pencapaian kematangan teknologi,” kata Dr. Siyoung Choi, President and Head of Foundry Business at Samsung Electronics dalam laman resmi perusahaan.
Laporan Reuters mengatakan, Samsung Electronics melakukan produksi cip 3nm secara global untuk mencari klien baru sekaligus menjawab persaingan melawan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co atau TSMC untuk kontrak pembuatan cip. TSMC adalah pembuat cip yang menguasai sekitar 54% pasar global untuk produksi cip dengan sistem kontrak. Cip produksi TSMC digunakan oleh perusahaan seperti Apple dan Qualcomm yang tidak memiliki fasilitas semikonduktor mereka sendiri.
Samsung Electronics berada di urutan kedua dengan pangsa pasar 16,3%, menurut data dari TrendForce. Karenanya, perusahaan juga mengumumkan rencana investasi US$ 132 miliar pada tahun lalu, untuk menyalip TSMC pada tahun 2030. Perusahaan Korea Selatan tidak menyebutkan nama klien untuk teknologi manufaktur terbarunya. Sementara Samsung Electronics adalah yang pertama memproduksi dengan produksi cip 3 nanometer, TSMC merencanakan produksi cip 2 nanometer pada tahun 2025.
Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related