Career

Siniar “20 Under 20” Bagikan Kisah Raymond Chin dan Lima Anak Muda Inspiratif

Pengusaha muda sekaligus Content Creator Raymond Chin belum lama ini merilis sebuah siniar bertajuk “20 Under 20” yang membahas tentang pencapaian-pencapaian besar oleh pemuda di bawah 20 tahun. Siniar ini sekaligus menjadi motivasi bagi generasi milennial dan generasi Z karena berdasarkan survei Deloitte di 42 negara, terdapat lima hal yang menjadi ambisi hidup, yakni memiliki gaji besar, membeli rumah, berkeluarga, melakukan perubahan sosial, hingga travelling.

“Generasi muda percaya bahwa pengembangan diri, karier, dan pencapaian dalam hidup menjadi tanggung jawab setiap pribadi. Pola pikir seperti ini kemudian diwujudkan dalam sikap kerja keras dan ambisi mengejar mimpi, terlepas dari usia yang masih muda untuk berani mengambil kesempatan yang ada,” ungkap Raymond.

Berangkat dari sini, Raymond yang juga memulai bisnis di bidang digital advertising agency pada usia 20 tahun ini mencoba mengumpulkan lima orang anak muda yang sama-sama memiliki pencapaian besar dalam hidupnya.

Faye Simajuntak

Faye Simajuntak merupakan seorang yang peka terhadap isu human trafficking sejak usia 11 tahun. Berkat langkah nyatanya dalam isu tersebut, Faye mendirikan sebuah rumah aman yang berfungsi sebagai tempat pendampingan dan advokasi bagi anak-anak dan perempuan yang menjadi korban perdagangan serta kekerasan seksual.

Berkat tindakannya ini, Faye mendapat banyak penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri. Di samping itu Faye kini juga aktif sebagai peneliti di The United Nations Education, Scientific, and Cultural Organization dan aktif mengelola akun informasi bernama What Is Up Indonesia.

Swain Mahisa

Swain memulai bisnisnya pada usia 17 tahun dengan mendirikan sebuah toko online yang menjual sneaker. Berkat kegigihannya, omzet toko tersebut bisa mencapai Rp 200-Rp 300 juta per bulan. Namun di tengah kesuksesannya, Swain menghibahkan toko tersebut ke kerabat baiknya.

Bukan tanpa alasan, Swain melakukan hal tersebut lantaran ia melihat potensi besar dirinya jika berkarier di dunia musik. Nama Swain pertama kali muncul ketika tampil di Melbourne Town Hall sebagai pembuka konser. Banyak label music yang menawarkan Swain untuk bergabung, namun Swain memutuskan untuk berkarier di luar label demi mengejar potensi berkarya di dunia music internasional.

Erika Richardo

Gadis berusia 18 tahun ini dikenal sebagai content creator TikTok yang identik dengan konten melukis. Erika yang juga memiliki 3 juta pengikut di TikTok ini pun tak hanya diam, ia membuat bisnis di bidang seni lukis dengan menjual paint by number kit. Berkat usahanya, kini Erika mampu menjual 800 hingga 1.000 pcs kit lukisan dengan penjualan hingga ratusan juta rupiah.

Jebung

Jebung diketahui telah beberapa kali mengikuti lomba dan ajang pencarian bakat, namun sayangnya usaha tersebut belum membuahkan hasil. Hingga pada suatu kesempatan, Jebung banyak dikenal orang karena menyanyikan ulang atau cover lagu Dark Horse dan Kopi Dangdut. Setelah viral di media sosial, perjalanan Jebung berlanjut hingga mengantarkannya pada label music dan manajemen artis Acuan Entertainment.

Di sana, Jebung mengatakan bahwa dirinya tetap diberikan kebebasan untuk berkreasi walaupun sudah berada di bawah naungan label. Hal tersebut terbukti dari dirinya yang tetap terjun langsung dalam penggarapan karya-karyanya.

Eva Alicia

Perhiasan khususnya perhiasan emas sering dipersepsikan sebagai aksesori yang terkesan kaku dan formal. Namun tidak di mata Eva, berkat kecintaannya terhadap perhiasan emas Eva membangun sebuah bisnis bernama She Wears Gold dan He Wears Gold yang sekaligus mematahkan persepsi masyarakat bahwa perhiasan emas hanya digunakan oleh perempuan dan untuk acara formal.

Walaupun bisnis ini terhitung baru, namun Eva mengakui bahwa penghasilan yang ia dapatkan sudah menguntungkan tiap bulannya. Hal ini tak terlepas dari pengaruh media sosial yang digunakannya untuk membuat konten-konten edukatif seputar digital marketing, online business hingga seni melukis.

“Siniar “20 Under 20” berfokus kepada cerita inspiratif anak muda khususnya di bawah 20 tahun seputar kisah hidup hingga ide bisnis yang dilakukan. Siniar ini terdiri dari sembilan episode dengan bintang tamu berbeda tiap episodenya. Kami berharap, siniar ini dapat memberikan inspirasi dan menumbuhkan semangat generasi muda dalam mengejar mimpi,” tutup Raymond.

Most Popular








To Top