Smart Watch dan Akseptasi di Kalangan Pecinta Luxury Watch

marketeers article
Ilustrasi luxury watch. (FOTO: 123RF)

Peta industri jam tangan mengalami sedikit dinamika setelah maraknya merek yang memasarkan smart watch. Hal ini juga terjadi dalam lanskap pasar luxury watch.

Untuk kalangan tertentu, smart watch yang dipasarkan dengan harga mulai dari ratusan ribu rupiah hingga belasan juta mungkin tak begitu menarik. Bisa jadi karena alasan harga, kepraktisan hingga fungsi. Mengingat, jam cerdas merupakan jam yang harus isi ulang baterai dalam beberapa hari penggunaan.

Tapi, di kalangan pecinta luxury watch atau jam mewah yang tak terlalu sensitif dengan harga produk, rupanya jam cerdas merupakan produk yang cukup diminati.

BACA JUGA: Jaguar Land Rover Berkomitmen Kembangkan Industri Luxury EV

Hal ini dibuktikan oleh Huawei yang ikut meramaikan pasar wearable device lewat smart watch. Merek Cina itu pun baru saja memperluas opsi produknya lewat peluncuran Huawei Watch Fit 3.

Edy Supartono, Training Director Huawei Device Indonesia mengatakan, produk jam cerdas dari Huawei merupakan produk yang cukup diminati oleh para pecinta jam mewah.

“Konsumen di segmen tersebut biasanya memiliki banyak koleksi jam dengan ciri khas dan fungsinya masing-masing,” kata Edy Supartono kepada Marketeers saat dijumpai usai peluncuran Huawei Watch Fit 3 di Jakarta beberapa waktu lalu.

smart watch
Huawei Watch Fit 3. (FOTO: Marketeers/Eric)

Ia mengungkap, smart watch kerap menjadi bagian dari koleksi karena memiliki beragam keunggulan baik dari aspek desain hingga fungsi. Banyak dari konsumen di segmen itu tertarik dengan smart watch karena dianggap bisa menjadi sarana untuk menunjang kebutuhan dalam memonitor kondisi kesehatan dan kebugaran.

“Banyak konsumen di segmen tersebut juga sangat memerlukan smart watch sebagai penunjang beragam aktivitas olahraga seperti berlari dan bersepeda. Jam cerdas juga dipilih karena ringan dan nyaman digunakan untuk aktivitas olahraga,” ujarnya.

BACA JUGA: Meluncur Pekan Depan, Ini Fitur Huawei Watch Fit 3

Karenanya, meski konsumen di segmen itu sangat akrab dengan jam dengan harga ratusan juta hingga miliaran rupiah, mereka tetap sudi untuk sesekali mengenakan jam cerdas dalam keperluan tertentu.

Karenanya, setiap jam cerdas yang dipasarkan Huawei juga sangat memperhatikan aspek desain. Sehingga, produk tersebut tetap dilirik oleh pengguna jam mewah.

“Produk kami juga cukup diminati karena bisa terkoneksi dengan smartphone Apple atau pun smartphone Android,” kata dia.

Soal Huawei Watch Fit 3, jam cerdas ini merupakan produk yang dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 1.999.000 hingga Rp 2.299.000.

Secara tagas, produk ini hadir untuk menantang Apple. Karena, Huawei Watch Fit 3 dikemas dengan desain yang sangat mirip dengan Apple Watch dan sama-sama menerapkan rotating crown yang selama ini menjadi ciri khas dari Apple Watch.

Related