Property

Stadion Baru Milik Inter dan AC Milan Telan Biaya Hampir € 1 Miliar

San Siro akan diganti Stadion Baru Milan
San Siro, Milan direncanakan akan diganti dengan bangunan stadion sepak bola baru (FOTO: 123RF)

Pembangunan stadion baru untuk klub sepak bola Italia, Inter dan AC Milan, menelan biaya hampir € 1 miliar. Estimasi tersebut lebih rendah dari perkiraan semula yakni sekitar € 1,2 miliar, seperti diberitakan oleh harian olahraga Italia, Tuttosport.

Biaya konstruksi total bangunan stadion baru berjuluk “Katedral” milik Inter dan AC Milan tersebut diperkirakan mencapai € 600 juta. Sementara kebutuhan biaya lain ditujukan untuk membangun berbagai fasilitas pendukung, termasuk pengembangan kawasan sekitar stadion.

Selain bangunan utama berupa arena sepak bola, area komersial serta lahan terbuka hijau di sekitar distrik San Siro, Milan juga masuk dalam rencana pembangunan kompleks stadion. Sebelumnya, dua klub peserta kompetisi teratas Liga Italia, Serie A itu berbagi kandang menggunakan stadion San Siro yang dibangun pada 1925 dan kali terakhir direnovasi pada tahun 2016.

Di tengah rencana pembangunan, terjadi pengurangan kebutuhan dana yang muncul akibat negosiasi antara pihak klub dengan Dewan Kota Milan terkait pembangunan stadion baru. Berdasarkan negosiasi tersebut, pengerjaan stadion akan menggunakan volume beton lebih sedikit agar sesuai dengan ketentuan perizinan dari dewan kota setempat.

Inter dan AC Milan sebelumnya sudah setuju menggunakan rancangan dengan nama proyek awal “Katedral” hasil karya firma desain arsitektur Populous. Firma desain asal Amerika Serikat itu disebut mengambil inspirasi dari dua bangunan ikonik setempat yakni Duomo di Milano dan Galleria Vittorio Emanuele, untuk merancang stadion baru di Milan.

“Nantinya stadion baru Milan akan menjadi salah satu yang tercantik di seluruh dunia, sekaligus dikenal karena mempunyai ciri khas kuat. Arena itu akan mempunyai daya tarik sekaligus mudah diakses untuk seluruh warga Milan. Pun begitu, akan mendukung pertumbuhan kedua tim dengan mengedepankan aspek keberlanjutan,” kata Presiden AC Milan Paolo Scaroni dalam pernyataannya Desember lalu.

Stadion baru yang akan berdiri di lokasi bangunan lama San Siro tersebut mempunyai luas sekitar lima hektar. Bangunan juga dirancang untuk menjadi pusat kegiatan dari kawasan distrik San Siro, Milan sekaligus dipersiapkan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2026.

Dilansir dari laman La Gazetta dello Sport, kapasitas stadion baru milik Inter dan AC Milan nantinya mampu menampung 65 ribu penonton. Jumlah tersebut menurun jika dibandingkan kapasitas total stadion San Siro saat ini yang mampu ditempati oleh 80 ribu penonton.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

The Latest

To Top