Tahun 2023, BIKE Catatkan Penjualan Sebesar Rp 430,28 Miliar

marketeers article
Tahun 2023, BIKE Catatkan Penjualan Sebesar Rp 430,28 Miliar. (BIKE)

PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk (BIKE) mencatatkan penjualan sebesar Rp 430,28 miliar sepanjang tahun 2023, naik 90,54% dibanding tahun sebelumnya. Hal ini terungkap dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Andrew Mulyadi, Direktur Utama BIKE mengungkapkan manajemen menargetkan pendapatan sebesar Rp 550 miliar dan laba sebesar Rp 30 miliar untuk tahun mendatang.

“Kami percaya bahwa kerja sama dan fokus yang kuat terhadap pencapaian target yang ditetapkan akan menjadikan BIKE terus berkembang dan memberikan nilai tambah bagi semua pemangku kepentingan,” kata Andrew dalam laporannya, Jumat (17/5/2024).

Peningkatan penjualan ini tidak lepas dari pengembangan kendaraan ramah lingkungan berbasis listrik. Sejak tahun 2022, BIKE bekerja sama dengan PT Terang Dunia Internusa Tbk untuk pengadaan sepeda listrik (United E-Motor), yang mengalami peningkatan permintaan signifikan dan memberikan kontribusi besar terhadap penjualan tahun 2023.

BACA JUGA: Cara United E-Motor Pererat Komunitas Pengguna Motor Listrik

Melalui kemitraan ini, BIKE juga ditunjuk sebagai distributor tunggal produk motor listrik United E-Motor, sepeda dan sepeda listrik United Bike, Genio, dan Avand. BIKE telah menyiapkan berbagai strategi untuk meningkatkan omset, termasuk ekspansi dengan membuka outlet di kota-kota besar di Indonesia.

“Hingga tahun 2026, kami menargetkan pembukaan 100 toko retail per tahun di berbagai wilayah Nusantara. Kami juga membuka peluang keagenan retail bagi siapa saja yang ingin memulai usaha di bidang sepeda, sepeda listrik, dan motor listrik,” ujar Andrew.

BIKE merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan besar sepeda. Perusahaan ini memiliki program yang sejalan dengan kampanye gaya hidup sehat dan sportif. 

Selain itu, perseroan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi nasional dan pengembangan industri yang ramah lingkungan secara berkelanjutan. Perseroan selalu berupaya memperkuat pangsa pasar dan meningkatkan daya saing melalui produk-produk inovatif yang ramah lingkungan dan mampu memenuhi kebutuhan konsumen. 

Langkah-langkah ini diharapkan dapat berkontribusi dalam pertumbuhan kinerja yang berkelanjutan bagi BIKE.

BACA JUGA: Perluas Opsi Motor Listrik, AIMA Resmi Ekspansi Pasar di Indonesia

Melalui strategi-strategi ini, BIKE optimistis dapat mencapai target-target finansialnya dan terus memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan perekonomian nasional. Kerja sama dengan PT Terang Dunia Internusa Tbk serta fokus pada ekspansi retail merupakan bagian dari upaya untuk memastikan keberlanjutan pertumbuhan bisnis pada masa mendatang.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related