Tidak Lolos SNBP 2024? Lakukan 4 Hal Ini

marketeers article
Ilustrasi tidak lolos SNBP 2024 (Foto: 123rf)

Hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 diumumkan pada Selasa (26/3/2024). Bagi Anda yang tidak lolos jalur ini, jangan berkecil hati. Ketimbang sedih berlarut-larut, ada beberapa hal lebih produktif yang bisa dilakukan.

Utamanya ialah mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi negeri (PTN) lainnya, seperti UTBK-SNBT atau Seleksi Mandiri. Terus memikirkan hal yang sudah berlalu hanya sia-sia, bahkan dapat mengganggu kesehatan fisik maupun mental. 

Untuk itu, jika mulai merasa galau dengan hasil yang mengecewakan, sebaiknya lakukan beberapa hal ini:

BACA JUGA: Riset MarkPlus: Gen Z Cenderung Tak Percaya Ramalan Zodiak

Istirahat Sejenak

Tidak mengapa jika Anda merasa sedih dan kecewa dengan hasil yang tak sesuai ekspektasi, sebab ini merupakan hal yang manusiawi. Anda berhak beristirahat sejenak untuk meluapkan segala ganjalan di hati, baik ke orang terdekat ataupun psikolog.

Meluapkan kekecewaan pada orang lain bisa membantu Anda kembali berpikir jernih, sehingga mampu bangkit kembali dan menyusun alternatif rencana ke depannya. Jika diperlukan, Anda juga bisa rehat sejenak dari media sosial. 

Pasalnya, terlalu sering melihat kehidupan orang lain bisa membuat diri sendiri merasa ‘gagal’. Tak menutup kemungkinan, hal ini membuat Anda merasa rendah diri yang lantas berimbas pada kesehatan mental.

Persiapkan Diri untuk UTBK-SNBT

SNBP bukan satu-satunya jalur untuk masuk PTN impian. Jika pikiran sudah jernih, mulailah persiapkan diri Anda untuk mengikuti UTBK-SNBT. Carilah informasi penting tentang seleksi ini, lalu pelajari dan perdalam materi-materi ujian.

BACA JUGA: Merasa Salah Jurusan Kuliah? Lakukan 5 Hal Ini

Cari Informasi tentang Seleksi Mandiri

Selain SNBP dan UTBK-SNBT, Anda juga perlu mempertimbangkan Seleksi Mandiri. Sebelum mengikuti ujian ini, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu apakah PTN yang dituju membuka seleksi mandiri atau tidak, dan seperti apa seleksinya.

Persiapkan Alternatif PTS

Selain mempersiapkan diri untuk mengikuti berbagai jenis seleksi PTN, tak ada salahnya Anda juga menyiapkan alternatif perguruan tinggi swasta (PTS).

Kualitas pendidikan PTS tak kalah bagus dengan PTN, bahkan ada jurusan tertentu yang ternyata lebih baik daripada PTN.

Itulah empat hal yang sedikitnya bisa Anda lakukan jika tidak lolos SNBP 2024. Tetap semangat dan jangan berkecil hati!

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related