Lifestyle

Tips Persiapakan Keuangan Pasca Pandemi Ala Allianz Indonesia

Sumber: 123RF

Beberapa waktu lalu, Allianz Indonesia menggelar webinar series yang bertajuk Kapan Pandemi Berakhir dan Bagaimana Mempersiapkan Keuangan. Webinar tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan program Allianz, yaitu Cintai Keluarga & Cintai Bumi.

Dalam acara ini, hadir Melvin Mumpuni, CEO Finansialku.com yang membagikan tips mengenai persiapan keuangan apa saja yang diperlukan, terutama setelah terjadi pandemi, dan menghadapi masa depan. Menurut Malvin, yang harus dilakukan pertama kali adalah financial check up.

“Kita bisa melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan. Dengan begitu, kita akan tahu kondisi keuangan yang kita miliki, sehingga langkah perencanaan bisa keuangan bisa kita lakukan dengan baik,” jelas Melvin.

Selain itu, Melvin juga megatakan bahwa untuk memersiapkan keuangan, seseorang harus fokus untuk membuat keuangannya sehat terlebih dahulu. Sehingga, dengan cash flow yang seimbang, akan membantu seseorang memahami kebutuhannya dan mencapai tujuan keuangan yang diinginkan.

“Selain mengatur keseimbangan cash flow, dana darurat dan asuransi juga penting untuk dipersiapkan, karena kita harus siap menghadapi berbagai risiko kehidupan, contohnya saat masa pandemi ini. Setelah selesai semua itu, fokus dalam mencapai tujuan keuangan yang kita inginkan,” papar Melvin.

Melvin juga mengatakan bahwa sebaiknya, seseorang tidak hanya mengandalkan satu sumber pemasukan saja, terlebih untuk menghadapi post-pandemic. Harus bisa mencari peluang atau kesempatan lain untuk mendapatkan penghasilan baru, di luar penghasilan pokok.

“Intinya, kita harus mempersiapkan dana darurat sebesar mungkin. Apalagi dana darurat berbeda-beda, tergantung status kita. Saat kita menikah, ataupun punya anak, dana darurat harus semakin di perbanyak. Selain itu, hutang konsumtif sebaiknya dilunasi, dan terakhir, kita harus punya asuransi jiwa, karena itu adalah hal yang cukup krusial untuk keamanan keuangan kita,” tutup Melvin.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

Most Popular








To Top