Digital

Tokko Semesta Perluas Cakupan UKM ke Wilayah Surabaya

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada acara peresmian Tokko Semesta di Surabaya

Tokko Semesta, sebuah komunitas yang mewadahi dan melakukan pendampingan terhadap usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM) resmi hadir di Surabaya. Kehadiran Tokko Semesta di Surabaya mendorong lebih banyak UKM di Jawa Timur, khususnya Surabaya untuk bisa beradaptasi serta bergerak lebih cepat untuk mengembangkan usahanya melalui aplikasi Tokko.

Pemilihan Surabaya bukan tanpa alasan. Berdasarkan data Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinkopum), Surabaya mencatatkan kenaikan jumlah UKM selama periode 2020 hingga awal 2021.

“Hingga saat ini, kami telah menjangkau sekitar 2,5 juta UKM. Kami memahami tantangan lain yang dihadapi oleh UKM setelah go-digital yaitu persaingan ketat di pasar online yang membutuhkan strategi, kekuatan produk, serta pemahaman yang baik terhadap pelanggan agar brand mereka dapat terus bertahan,” ungkap VP of MMSE Growth Tokko Tri Sukma Anreianno.

Untuk itu, dengan berbagai pendampingan yang didapatkan di Tokko Semesta, UKM di Surabaya dapat lebih siap menghadapi kompetisi dengan meningkatkan kemampuan dan jaringan bisnisnya. 

Kehadiran Tokko Semesta sekaligus ingin mendorong digitalisasi UKM di daerah dengan memberikan pendampingan, pelatihan, hingga mentorship melalui pendekatan personalisasi. 

Selain itu, Tokko Semesta turut mengadakan pelatihan bagi UKM mengenai teknik pemasaran digital, membangun brand, dan memperluas jangkauan dengan  penentuan target pasar dan iklan digital, meningkatkan kualitas brand dengan pemahaman kekuatan produk, dan lainnya.

Tokko membangun diferensiasi dibanding dengan platform penjualan online lain. Tokko mampu memberikan pemerataan akses bagi para pelaku usaha untuk menjual langsung kepada pelanggan mereka, membantu mereka untuk membangun merek, dan memaksimalkan keuntungan dengan cara ‘Jualan Online Beneran’. 

Selain itu, UKM yang ikut bergabung juga bisa memanfaatkan fitur Tokko Plus. Fitur ini bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dengan pemasaran digital yang terintegrasi.

“Kami berharap dapat mendorong kemajuan ribuan UKM lokal dan pebisnis yang berdaya saing dan fokus jualan online bergabung di Tokko Semesta. Hingga saat ini, kami telah melakukan pendampingan ke lebih dari 40 komunitas UKM di Surabaya,” ujar VP of Community & Merchant Success Tokko Fandy Silalahi.

Perusahaan juga berkomitmen untuk memperluas jangkauan pendampingan ini ke seluruh wilayah di Jawa Timur untuk mendukung langkah sukses usaha mereka. 

Lebih lanjut Fandy berharap kehadiran Tokko Semesta di Surabaya ini bisa seperti Tokko Semesta yang telah lebih dulu diluncurkan di Bandung. Sejak pertama kali diluncurkan pada September lalu, Tokko Semesta di Bandung telah merangkul lebih dari 400 UKM. Dengan lebih banyak UKM yang ikut berpartisipasi, Fandy berharap dapat melahirkan UKM Surabaya yang berkualitas dan memiliki daya saing.

Hadirnya Tokko Semesta di Surabaya ini pun mendapat apresiasi dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Khofifah menyebutkan Tokko memiliki kontribusi dalam mendorong kemajuan UKM di Jawa Timur. Dengan ini UKM akan memiliki daya saing sehingga bisa mengambil peran dalam pemulihan ekonomi daerah bahkan nasional. 

The Latest

To Top