Toyota Pimpin Penjualan Global Selama Empat Tahun Berturut-turut

marketeers article
Booth Toyota di GIIAS 2023. (FOTO: Marketeers/Eric)

Kompetisi di industri otomotif semakin sengit terlebih kian banyak merek yang ikut terlibat dalam industri kendaraan bermotor. Meski demikian, Toyota masih perkasa dan berhasil untuk terus menjadi pemimpin penjualan terbanyak secara global.

Dikutip dari Bloomberg pada Selasa (30/1/2024), sepanjang tahun 2023, penjualan global yang diraih oleh Toyota bisa mencapai 11,2 juta unit. Penjualan itu mencakup penjualan dari produk Toyota Motor Corp dan sejumlah anak perusahaan, seperti Daihatsu Motor Co. dan Hino Motors Ltd.

Dengan capaian itu, maka Toyota tercatat sebagai produsen dengan penjualan kendaraan terbanyak secara global dalam empat tahun berturut-turut.

BACA JUGA: Penjualan BYD di Luar China Naik 334%

Selain berhasil mempertahankan tahta itu, merek Jepang itu juga berhasil mencatat pertumbuhan baik dari aspek produksi maupun aspek penjualan.

Di sisi produksi, merek yang berdiri pada tahun 1937 itu telah melakukan produksi pada tahun 2023 sebanyak 11,5 juta unit atau naik 8,6%.

Sementara itu, dari sisi penjualan yang bertengger di angka 11,2 juta unit itu membuat Toyota mencatat peningkatan sebesar 7,2%.

Tatsuo Yoshida, Analis Otomotif Senior Bloomberg Intelligence mengatakan, ini merupakan capaian positif mengingat merek itu sempat mengalami kendala supply chains. “Kini Toyota berhasil menjual apa pun yang dihasilkannya,” kata Tatsuo Yoshida.

Di Indonesia, merek yang bermarkas di Toyota City, Jepang itu juga konsistem menjadi pemimpin dalam peringkat penjualan yang dicatatkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

BACA JUGA: Toyota Hentikan Ekspor SUV Diesel Imbas Manipulasi Sertifikasi

Pada tahun 2023, total penjualan Toyota berada di peringkat satu dengan total wholesales sekitar 336 ribu unit atau naik 1,6%.

Kenaikan itu terbilang tipis karena di periode yang sama Honda berhasil tumbuh 5,9%. Tapi, capaian Toyota tetap lebih baik ketimbang Daihatsu, Suzuki, dan Mitsubishi yang terpaksa harus mengalami penurunan penjualan sekitar 7% hingga 21%.

Performa penjualan Toyota sendiri ditopang oleh sejumlak produk MPV yang berhasil menjadi top sales model 2023. Pasalnya, Innova dan Avanza berhasil menjadi produk terlaris dengan total sales sekitar 66 ribu unit dan 62 ribu unit.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Related