Transformasi Digital Pertamina Shared Services lewat iVendor

marketeers article
Transformasi Digital Pertamina Shared Services lewat iVendor. (Dok. Marketeers)

Pertamina Shared Services memiliki berbagai layanan inovatif untuk mendukung proses bisnis ekosistem bisnis PT Pertamina (Persero). Salah satu inovasi unggulan dari Pertamina Shared Services adalah platform iVendor.

i-Vendor merupakan sistem berbasis teknologi informasi untuk mempermudah mitra dalam mengakses informasi terkait tagihan. Ini berguna untuk memonitor progres penagihan yang berlangsung secara seamless.

Dengan inovasi streamline process business, Pertamina Shared Services telah mengintegrasikan berbagai fitur, mulai dari pendaftaran vendor hingga pembuatan invoice dalam satu platform yang efisien.

“Komunikasi dua arah antara pengguna dan vendor juga dapat dilakukan dalam platform yang sama, mengoptimalkan interaksi antarpihak secara efektif,” kata Lia Heriawati, Project Leader SSC Pertamina saat Marketeers OMNI Brands of the Year 2024 di CGV Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Menurutnya, penerapan strategi omnichannel juga menjadi bagian penting dari transformasi ini. Selain tersedia secara online, layanan juga dapat diakses melalui saluran offline, seperti telepon di iVendor.

BACA JUGA: BrightGas Scanner: Solusi Cerdas Pertamina untuk Akuisisi Pelanggan

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, yang tercermin dari peningkatan rating dari 4 menjadi 4.3 setelah implementasi inovasi. Pertamina Shared Services memiliki visi untuk terus berinovasi dan berkembang, dengan tujuan memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh Pertamina Group dan memenuhi target menjadi global business services.

“Fokusnya bukan hanya pada layanan operasional, tetapi juga pada analisis yang mendalam dan terus melakukan inovasi terbaik untuk Pertamina,” ujar Lia.

Dengan pergeseran perilaku konsumen menuju digitalisasi, Pertamina Shared Services terus berupaya untuk menyempurnakan layanan digitalisasi.

BACA JUGA: Strategi Pertamina Percepat Dekarboniasi lewat PLTS Balongan

“Penerapan omnichannel telah terbukti lebih efektif, dengan fokus utama pada kepuasan pelanggan yang sesuai dengan visi kami untuk menjadi pusat pelayanan yang berorientasi pada pelanggan,” ujar Lia.

Dengan terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan pasar, Pertamina Shared Services siap untuk menjaga posisi sebagai yang terdepan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi Pertamina Group.

Dengan strategi pemasaran yang dilakukan, Pertamina Shared Services terus berkembang dan menjadi pilihan utama bagi konsumen. Hal ini membuat Pertamina Shared Services mendapatkan penghargaan Marketeers OMNI Brands of the Year 2024.

“Penghargaan Marketeers OMNI Brands of the Year 2024 memberikan motivasi tambahan bagi Pertamina Shared Services untuk terus meningkatkan layanan digitalisasi bagi pelanggan di Pertamina Group,” tuturnya.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related