UD Trucks Dongkrak Kualitas Mekanik lewat Program SMK Kelas Quester 

marketeers article
Astra UD Trucks menggelar program SMK Kelas Quester. (FOTO: Astra UD Trucks)

Performa kendaraan komersial sangat ditentukan oleh kualitas mekanik. Hal itu mendorong Astra UD Trucks menghadirkan program khusus bernama SMK Kelas Quester.

Jelita Wunadi Putri, Head Dept HR-GA UD Astra Motor Indonesia mengatakan, program pendidikan SMK Kelas Quester merupakan program yang digelar dengan menggandeng SMK 1 Perguruan Cikini Jakarta.

“Program ini dirancang tidak hanya sebagai respons terhadap kekurangan tenaga kerja terampil di industri otomotif tetapi juga sebagai inisiatif untuk menanamkan pentingnya keselamatan kerja di kalangan pemuda yang akan memasuki dunia industri. Dengan pendekatan holistik, program ini menggabungkan pelajaran teknis mendalam dengan praktik keselamatan kerja, memberikan siswa pemahaman yang komprehensif tentang pentingnya menjaga keamanan di tempat kerja,” kata Jelita Wunadi Putri dalam keterangan pers kepada Marketeers, Kamis (14/3/2024).

BACA JUGA: Demi Keselamatan, DCVI Dorong Regulasi Soal Modifikasi Bus

Sebagai bagian dari program tersebut, Astra UD Trucks pun mengajak para siswa peserta program SMK Kelas Quester untuk hadir dalam GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024. Menurutnya, sekitar 40 siswa yang terlibat dalam program ini diberikan kesempatan emas untuk mengunjungi booth UD Trucks di GIICOMVEC 2024.

Kunjungan ini bukan sekadar aktivitas biasa tetapi sekaligus menjadi sebuah sesi pembelajaran interaktif di mana mereka dapat melihat langsung teknologi terbaru, berinteraksi dengan profesional industri, dan memahami bagaimana praktik keselamatan diimplementasikan dalam teknologi kendaraan komersial modern.

Ia menilai, ini merupakan langkah penting dalam membangun kesadaran mereka tentang standar keselamatan yang harus selalu menjadi prioritas.

“Kami memandang pendidikan sebagai investasi dalam masa depan industri kita. Dengan mendidik siswa tentang teknologi kendaraan terbaru dan praktik keselamatan terbaik, kami membentuk generasi mendatang yang tidak hanya terampil tetapi juga peduli terhadap keselamatan kerja,” ujarnya.

BACA JUGA: Tonjolkan Safety, Produk UD Trucks Dilirik Perusahaan Penyedia BBM

Budi Rudianto, Service Marketing Dept Head Astra UD Trucks menambahkan, Komitmen Astra UD Trucks terhadap keselamatan merupakan bagian integral dari DNA perusahaan.

“Melalui program pendidikan SMK Kelas Quester ini, kami berharap untuk menginspirasi siswa dan menanamkan nilai-nilai yang kami pegang teguh, membantu membangun ekosistem industri yang lebih aman dan lebih produktif. Selai itu, program ini juga merupakan langkah maju dalam pendidikan vokasi, menawarkan lebih dari sekadar pengetahuan teknis, tetapi juga mempersiapkan siswa untuk menjadi pemimpin masa depan yang bertanggung jawab dalam industri otomotif Indonesia,” kata Budi Rudianto.

Karenanya, program yang di mulai dicanangkan sejak tahun 2023 ini telah banyak membuahkan tenaga kerja yang sangat kompeten di bidangnya. Para peserta program ini pun memiliki kesempatan emas untuk berkontribusi sebagai mekanik di Astra UD Trucks.

Related