Digital

Umma Luncurkan Fitur Belajar Agama Secara Online

SUmber: umma

Pembelajaran daring dengan berbagai metode belajar menjadi solusi menghadapi kondisi pandemi yang menghalangi kegiatan belajar tatap muka. Hal ini menjadi peluang baru untuk berinovasi dan memperluas layanan.

Melihat hal ini, Umma meluncurkan uClass, e-learning Muslim yang dapat digunakan untuk mempelajari ajaran agama Islam di Indonesia. Sesuai dengan jenis platform sebagai pusat belajar daring, uClass mengadaptasi kurikulum pembelajaran komprehensif dan kegiatan belajar yang interaktif.

“Kami menargetkan uClass sebagai sarana belajar agama yang bisa mendorong umat Muslim di Indonesia menjadi lebih baik dan produktif,” kata Indra Wiralaksmana, CEO dan Co-Founder umma.

Indra mengacu pada riset dari Alvara Strategic pada tahun 2019 yang menyatakan 80,2% masyarakat Indonesia bilang agama sangat penting. Mereka menganggap bahwa agama merupakan pijakan utama dan panduan dalam kehidupan sehari-hari.

“Dari sini umma berangkat untuk mempermudah akses belajar agama lewat uClass,” tambah Indra.

Umma uClass menawarkan materi pembelajaran agama, di antaranya belajar Al-Quran untuk orang dewasa dan anak-anak (BBQ). Menurut Indra, materi ini menjadi yang diunggulkan. Kelas ini memiliki kurikulum yang disusun sistematis dan dibagi menjadi beberapa jenjang berdasarkan tingkat pemahaman pengguna.

Selain itu, uClass juga memiliki fitur Live Streaming kajian agama. Fitur ini sebelumnya diluncurkan di layanan utama umma pada bulan Ramadan lalu. Namun, minat pengguna yang tinggi, mencapai angka 10 ribu penonton pada salah satu kajian memperlihatkan bahwa masyarakat membutuhkan metode pembelajaran yang interaktif. Untuk itulah layanan ini menjadi fitur uClass.

“Dalam fitur ini, uClass mendukung tanya-jawab (QnA) dengan Ustaz sehingga penggunanya bisa menggali ilmu agama lebih dalam. Melalui fitur ini. kami juga mendukung continuous improvement tidak hanya dari sisi pengguna, tapi juga kami sebagai penyedia layanan,” tutup Indra.

Editor: Ramadhan Triwijanarko

MARKETEERS X








To Top