Universitas Prasetya Mulya Perkuat Citra Sebagai Kampus Entrepreneur

profile photo reporter Muhammad Perkasa Al Hafiz
MuhammadPerkasa Al Hafiz
03 Desember 2021
marketeers article
Universitas Prasetya Mulya terus memperkuat positioning sebagai kampus para entrepreneur. Citra ini kian kuat setelah Universitas Pasetya Mulya berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai tiga besar perguruan tinggi pemenang kompetisi kewirausahaan terbanyak. 
“Sebagai institusi pendidikan, kami senantiasa berupaya menciptakan sebuah ekosistem yang mampu menumbuhkan jiwa kompetisi mahasiswa melalui kurikulum pendidikan dan budaya universitas yang diturunkan dari tiap angkatan mahasiswa sehingga kompetisi sudah menjadi bagian dari keseharian mereka,” ujar Wakil Rektor 1 Bidang Pembelajaran Universitas Prasetya Mulya Agus W. Soehadi.
Di samping itu Direktur Kemahasiswaan, Karakter, dan Alumni Universitas Prasetya Mulya Rudy Handoko menyebutkan ekosistem yang memacu jiwa berkompetisi juga terefleksikan melalui soft skill assessment yang dilakukan secara berkala. Salah satu komponen yang dinilai yakni achievement oriented.
Berdasarkan data dari Satisfaction Survey for Alumni and Employer of Graduate dari Kantar Market Research 2019 menemukan, terdapat 27% alumni Universitas Prasetya Mulya yang menekuni karier sebagai entrepreneur. Selain itu, terdapat 27 bisnis di bidang digital yang dimiliki oleh alumni. Tiga di antaranya berhasil mendapatkan suntikan dana dari luar negeri.
“Kami berharap bisa memberikan inspirasi bagi perguruan tinggi maupun asosiasi lainnya untuk turut mengembangkan semangat kewirausahaan mahasiswa. Tujuannya, untuk menciptakan lebih banyak lulusan perguruan tinggi yang menjadi pengusaha dengan pengetahuan mumpuni akan dunia bisnis sehingga kontribusi terhadap perekonomian juga semakin baik,” jelas Agus.
Tak hanya itu, banyaknya mahasiswa yang mengikuti kompetisi kewirasuahaan juga tidak terlepas dari semangat wirausaha yang telah melekat dengan kampus tersebut. Melalui berbagai kompetisi yang diikuti mahasiswa, Agus berharap semangat wirausaha ini dapat membantu mahasiswa dalam membangun usaha maupun saat berkarier.

Related