Lifestyle & Entertainment

Unjuk Pamor Gim Lokal, Lokapala Dipertandingkan di PON XX Papua

Gim multiplayer online battle arena (MOBA) besutan anak bangsa Indonesia Lokapala resmi dipertandingkan di Eksibisi PON XX yang digelar di Papua. Gim besutan Anantarupa Studios dan PT Melon Indonesia sebagai publisher ini juga mencetak sejarah sebagai gim esports local pertama yang ikut serta dalam turnamen eSports Nasional.

Tentu, kabar bahagia ini juga menjadi titik mula bagi dunia esports yang resmi dijadikan sebagai cabang olahraga di PON (Pekan Olahraga Nasional). Jika melihat ke belakang, acara PON pertama kali diselenggarakan di Surakarta bertujuan untuk menunjukkan kedaulatan Indonesia di mata dunia. Saat ini, dengan hadirnya gim Lokapala pada PON XX Papua diharapkan dapat menjadi langkah awal bahwa Indonesia juga berdaulat di dalam industri gim esports.

“Suatu kehormatan dan sekaligus bangga, gim Lokapala dilibatkan dan dijadikan salah satu gim dalam eksibisi di PON XX Papua 2021,” ujar Dedi Suherman, CEO PT Melon Indonesia.

Hadirnya gim Lokapala di PON XX Papua ini juga menjadi contoh baik bagi developer gim lokal untuk terus berkarya. Kolaborasi dan partisipasi semua pihak untuk kesuksesan ekosistem gim, baik di Indonesia maupun global sangat diperlukan.

Hal ini selaras dengan komentar dari Direktur Digital Business Telkom Indonesia Muhamad Fajrin Rasyid. “Telkom sangat mendukung ekosistem gim di Tanah Air. Sejalan dengan terus berkembangnya industri eSports di Indonesia, diharapkan masyarakat tidak hanya menjadi konsumen saja. Kita juga perlu mendorong para kreator gim lokal bisa menghasilkan gim yang bisa mendunia,” ujar Fajrin.

PT Melon Indonesia merupakan bagian dari Telkom group. Sebab itu, Telkom Indonesia saat ini turut mendukung industri gim dalam negeri.

“Melon Indonesia juga berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh atas kelancaran PON XX Papua 2021. Semoga gim Lokapala bisa diterima dan meramaikan industri gim di Indonesia,” lanjut Dedi.

Pada PON XX Papua, cabang esports Lokapala akan menggunakan sistem friendly match. Para pemain Lokapala bisa mendaftarkan diri dan rekan tim sebagai atlet.  Sistem friendly match ini juga menjadi ajang promosi Lokapala sebagai gim lokal dan gim terbaru untuk mempermudah peserta dari berbagai daerah, karena saat mendaftar tidak terdapat peraturan tim harus berada dalam provinsi yang sama.

Pertandingan kualifikasi esport Lokapala di PON XX Papua 2021 akan berlangsung pada 6-7 September 2021 secara daring. Sedangkan fase semifinal dan final akan berlangsung pada 22-26 September 2021 di Papua. Para peserta ditantang untuk memperebutkan prizepool dengan total hadiah sebesar Rp 200.000.000.

Selain mendukung penuh gim Lokapala di ajang PON XX Papua 2021, PT Melon Indonesia dan Telkom Indonesia akan terus mendukung pengembang gim di Indonesia dalam program Indigo Game Incubation (Indigo). Ke depan, diharapkan gim buatan anak bangsa bisa terus bersaing di pasar nasional serta global.

MARKETEERS X








To Top