Upaya Cakap Wadahi Talenta Digital melalui Cakap Innovation Hub

profile photo reporter Maida Beryl S
MaidaBeryl S
09 Agustus 2022
marketeers article
Cakap resmikan Cakap Innovation Hub di Yogyakarta (Sumber: Cakap)
Perusahaan rintisan education technology Cakap meresmikan kantor cabang terbarunya Cakap Innovation Hub di Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Diresmikannya Cakap Innovation Hub di Yogyakarta ini menjadi wujud komitmen Cakap dalam mewadahi talenta digital yang makin banyak kehadirannya di Yogyakarta yang identik sebagai kota pelajar. 
Berdasarkan data Pendidikan Tinggi (Dikti) pada tahun 2022, tercatat ada sebanyak 387 ribu mahasiswa di Yogyakarta, yang berasal dari kurang lebih 15 program studi. Studi mereka berkaitan dengan teknologi informasi dan dapat melanjutkan karier di bidang pekerjaan yang berbasis teknologi seperti backend-frontend developer, quality assurance, hingga wordpress dan android developer. Fenomena tersebut menjadi latar belakang cakap menghadirkan Cakap Innovation Hub sebagai pusat inovasi yang dapat mewadahi para talenta digital.
”Yogyakarta sudah seperti rumah kedua bagi kami. Sejak tahun 2019, Yogyakarta menjadi menjadi tempat bagi para developer kami dalam mengembangkan produk-produk Cakap. Kota pelajar ini juga merupakan salah satu pusat talenta berkualitas di berbagai bidang, khususnya bidang teknologi, yang sangat potensial bagi perkembangan ekosistem teknologi kami,” ujar Yohan Limerta, CTO & Co-founder Cakap dalam keterangan tertulis Cakap.
Kehadiran Cakap Innovation Hub di Yogyakarta ditujukan untuk membantu dunia pendidikan Indonesia, khususnya persiapan tenaga kerja dalam bentuk soft skill, hard skill, dan pembekalan calon tenaga kerja demi mempersiapkan diri secara maksimal. Hal ini selaras dengan misi pemerintah yang tengah mengakselerasi terciptanya talenta digital, sebagai salah satu upaya untuk mempercepat transformasi digital nasional.
Tomy Yunus, CEO & Co-founder Cakap mengungkapkan dalam proses operasionalnya, sebagian besar karyawan di Cakap Innovation Hub Yogyakarta akan mengerjakan fungsi di bagian teknologi informasi (IT) hingga yang berhubungan dengan kurikulum dan mengajar. Fungsi ini akan berjalan bersamaan dengan kantor pusat Cakap di Jakarta yang lebih berfokus dalam pengembangan bisnis dan operasional.
“Kami ingin menjadikan Cakap ​​Innovation Hub sebagai pusat pengembangan inovasi baru di bidang pendidikan dan teknologi. Untuk itu, Cakap ingin mengundang para inovator yang memiliki ketertarikan di bidang pendidikan untuk bergabung dalam memajukan industri edukasi melalui teknologi. Kami berharap dengan diresmikannya Cakap Innovation Hub ini, penyerapan talenta digital di Yogyakarta dapat lebih efektif, serta dapat menjadi tempat untuk menyalurkan segala kemampuan dan aspek terbaik yang mereka miliki,” tutur Tomy.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related