Viral UKT Mahal, Ini Alternatif 5 Negara yang Tawarkan Biaya Kuliah Murah

marketeers article
Ilustrasi UKT mahal (Foto: 123rf)

Jagat maya baru-baru ini dihebohkan dengan uang kuliah tunggal (UKT) mahal di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, biaya kuliah yang mesti digelontorkan per semester mengalami kenaikan sebesar 300%-500%.

Hal ini menimbulkan gejolak di tengah masyarakat, bahkan tak sedikit yang menyarankan calon mahasiswa untuk sekalian kuliah di luar negeri saja. Pasalnya, banyak negara yang memang menawarkan biaya kuliah murah untuk jenjang S1.

Riset moneytransfers.co.uk mengungkapkan ada beberapa negara yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk kuliah. Studi ini memperhitungkan kualitas pendidikan, dengan melihat peringkat institusi masing-masing negara dalam peringkat universitas global.

BACA JUGA: Cara Mengundurkan Diri dari KIP-K jika Ekonomi Sudah Berkecukupan

Lantas, negara mana sajakah itu? Berikut daftarnya:

Turkiye

Rata-rata biaya kuliah S1 terendah di Turkiye terbilang sangat murah, yakni sebesar 700 TRY atau setara Rp 345.000 per tahun. Adapun rata-rata biaya kuliah S1 tertinggi berada di kisaran 28.512 TRY atau setara Rp 14 juta per tahun.

Jerman

Jerman membebaskan mahasiswa dari biaya kuliah untuk universitas negeri. Mahasiswa hanya perlu membayar biaya kontribusi semester, yang untuk jenjang S1 sebesar 500 hingga 3.000 Euro per tahun, atau setara dengan Rp 8 juta sampai Rp 51 juta per tahun.

Thailand

Rata-rata biaya kuliah S1 di Thailand berkisar antara 45.200 sampai 234.000 Baht atau setara Rp 19 juta hingga Rp 102 juta per tahun. Dengan kata lain, mahasiswa hanya perlu membayar uang kuliah sebesar Rp 1,5 juta sampai Rp 8,5 juta per bulan.

BACA JUGA: 5 Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa, Bisa Dikerjakan di Rumah

Meksiko

Meksiko memiliki banyak universitas yang menawarkan biaya murah untuk jenjang S1, yakni mulai dari Rp 1 juta per bulan. Biaya hidup di negara ini juga cukup terjangkau, yang mana harga sewa apartemen satu kamar per bulan sebesar Rp 7 juta.

Brasil

Tak berbeda jauh dengan Meksiko, Brasil menawarkan biaya kuliah terjangkau sekitar Rp 1,3 juta per bulan. Bahkan, harga sewa apartemen per bulan lebih murah ketimbang Meksiko, yakni sebesar Rp 4,2 juta.

Itulah alternatif lima negara yang menawarkan biaya kuliah murah versi moneytransfers.co.uk yang bisa dipertimbangkan di tengah polemik UKT mahal. Tertarik menempuh pendidikan tinggi di salah satu negara tersebut?

Editor: Ranto Rajagukguk

Related