Wise Temukan Alasan Pelajar Indonesia Melanjutkan Pendidikan ke Inggris

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
22 Juli 2022
marketeers article
Pelajar Indonesia menunjukkan minat yang cukup tinggi untuk berkuliah di Inggris. | Foto: Ilustrasi 123RF

Wise merilis laporan terkait alasan para pelajar Indonesia memilih Inggris sebagai tujuan untuk kuliah di luar negeri. Survei ini merupakan lanjutan dari temuan sebelumnya, yang mana mencatat Inggris sebagai peringkat teratas dengan persentase sebanyak 50% sebagai negara dambaan mahasiswa asal Tanah Air untuk melanjutkan studinya.

Survei bertajuk Minat dan Tantangan Pelajar Indonesia Saat Kuliah di London ini melibatkan 225 anggota Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) London. Hal itu bertujuan untuk lebih memahami alasan serta tantangan yang harus mereka hadapi ketika melanjutkan pendidikannya di Inggris.

Sebanyak 76% pelajar mengaku memilih Inggris sebagai tempat untuk melanjutkan studi karena reputasi akademik yang sangat baik. Selain itu, sebesar 56% mengungkapkan mereka merasa Inggris memiliki lingkungan yang ramah untuk melanjutkan studi.

Motivasi pelajar Indonesia untuk berkuliah di Inggris. | Sumber: Wise

Tidak hanya fokus pada alasan memilih satu negara untuk melanjutkan studinya, Wise juga mencari tahu tentang target mahasiswa asal Indonesia melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi di luar negeri.

Sebanyak 82% responden mengaku ingin mendapatkan prospek pekerjaan atau peluang karier yang lebih baik. Selanjutnya, 75% ingin mendalami dan mengembangkan bidang yang telah mereka pelajari sebelumnya.

Harapan pelajar Indonesia ketika berkuliah di Inggris. | Sumber: Wise

“Secara keseluruhan, tiga dari empat atau 75% pelajar Indonesia merasa pengalaman studi di Inggris melebihi ekspektasi mereka dan sebesar 48% responden berencana untuk mencari pekerjaan di Inggris setelah lulus,” kata perwakilan Wise dalam laporannya yang diterima oleh Marketeers.

Mahasiswa Indonesia yang melanjutkan studi di Inggris berharap dapat meningkatkan prospek karier. Selain itu, mereka juga ingin mengejar impian mereka dengan mengembangkan keahlian di bidang studi yang mereka sukai.  

Hasil survei juga mengungkapkan meskipun mahasiswa Indonesia memiliki semangat optimisme ketika kuliah di luar negeri namun mereka juga harus menghadapi hal yang lebih menantang dari yang dibayangkan.

Editor: Ranto Rajagukguk

Related