4 Alasan Mantan Sudah Punya Pacar Baru meski Belum Lama Putus Cinta

marketeers article
Ilustrasi mantan dengan pacar baru (Foto: 123rf)

Setiap orang memang memiliki caranya sendiri dalam mengatasi situasi pasca-putus cinta. Ada yang menikmati momen sendiri, namun ada pula yang langsung memiliki pacar baru dalam kurun waktu relatif singkat selepas hubungan terakhir. 

Tentu terasa menyakitkan bila sang mantan dengan mudahnya punya pasangan lagi, sementara Anda masih berusaha keras untuk melupakannya. Pun menjadi wajar jika muncul pertanyaan, apakah Anda semudah itu dilupakan olehnya?

Dari pertanyaan itu, biasanya akan muncul asumsi-asumsi yang bertendensi menyalahkan diri sendiri. Padahal, alasan si mantan mudah menemukan kekasih baru bukan melulu disebabkan oleh kekurangan Anda.

BACA JUGA: 4 Hal yang Bikin Pasangan LDR Rentan Selingkuh

Berikut adalah beberapa alasannya yang dirangkum dari berbagai sumber:

Menutupi Kesedihan

Terapis pernikahan dan pemilik Skylight Counseling Center di Chicago, David Klow mengatakan mencari pasangan baru sesegera mungkin bukan berarti benar-benar sudah move on. Bisa saja, itu adalah caranya untuk menutupi kesedihan.

“Apa yang mungkin tampak seperti cepat move on, bisa jadi adalah seseorang yang sedang menutupi rasa kesedihannya,” ujarnya, dikutip dari laman Glamour.

Senada dengan itu, pakar hubungan Katia Loisel mengatakan memiliki pasangan baru dengan cepat bisa jadi hanya pengalihan perhatian atau penyangkalan atas rasa sedih sebagai coping mechanism seseorang setelah putus cinta.

BACA JUGA: Patah Hati Bisa Bikin Depresi, Cegah dengan 4 Cara Ini

Takut Sendirian

Kehadiran orang lain di hidup mantan bisa jadi semata-mata sebagai pengusir sepi setelah tak lagi dekat dengan Anda. Ia takut merasa sendirian dan hari-harinya tak lagi berwarna, sehingga ia membutuhkan pasangan baru meski harus mengesampingkan perasaan cinta.

Butuh Pelarian

Mencari sosok pengganti bisa jadi adalah cara si mantan agar cepat move on. Ia menganggap harus ada yang mengisi kekosongan hatinya agar bisa membantunya ‘menyingkirkan’ kenangan kalian pelan-pelan.

Tipe Orang yang Mudah Berpindah Hati

Jika mantan sudah memiliki pacar lagi padahal belum lama putus dengan Anda, mungkin saja ia memang tipe orang yang mudah berpindah hati. Bukan Anda yang punya banyak kekurangan, tapi masalahnya memang ada pada diri si mantan yang cepat bosan.

Itulah beberapa alasan yang memungkinkan mantan sudah punya pacar baru meski belum lama putus cinta. Jadi, jangan pernah menyalahkan diri sendiri, ya!

Editor: Ranto Rajagukguk

Related