5 Ide Holiday Marketing, Maksimalkan Momen Berjualan di Akhir Tahun

marketeers article
ide holiday marketing akhir tahun 2023 | sumber: 123rf

Momen akhir tahun sering dihubungkan pada momen liburan panjang karena adanya natal dan tahun baru, belum lagi masa-masa liburan anak-anak sekolah. Holiday marketing jadi pendekatan yang wajib Anda coba!

Akhir tahun yang biasanya diisi oleh berbagai aktivitas menyenangkan seperti liburan, jalan-jalan, hingga berbelanja menjadi kesempatan baik bagi para brand untuk mendorong penjualan. 

Berikut 5 ide holiday marketing yang bisa Anda lakukan di momen akhir tahun 2023 ini:

1. Berikan diskon akhir tahun

Pada momen liburan, pengeluaran seseorang bisa menjadi meningkat karena mereka ingin berbelanja, membelikan barang untuk orang tersayang, atau makanan untuk bisa dimakan bersama. 

Diskon menjadi strategi holiday marketing yang bisa Anda lakukan untuk membuat pelanggan menjadi lebih impulsif dalam berbelanja. Diskon yang menarik bisa mendorong orang untuk membeli banyak produk jika dianggap lebih menguntungkan. 

Jangan lupa gunakan call to action yang menarik dan sebarkan diskon ini di berbagai saluran pemasaran Anda. 

BACA JUGA: 5 Cara Jitu Membuat CTA yang Bikin Audiens FOMO. Klik Sekarang!

2. Lakukan giveaway

Promosi menarik dari holiday marketing adalah membuat giveaway kepada pelanggan setia atau followers media sosial Anda. Anda bisa memberikan produk terbaru Anda atau bahkan sisa stok yang masih ada di gudang dalam acara giveaway Anda. 

Giveaway yang menarik bisa mengundang traffic, Anda bisa mensyaratkan follow media sosial, memberikan komen, likes, atau meminta audiens untuk men-tag temannya di postingan giveaway yang Anda buat. 

Holiday marketing Anda akan menjadi lebih menarik, bukan?

3. Tawarkan promo gratis ongkir

Jika Anda memiliki toko online, maka promo gratis ongkir menjadi yang terbaik untuk Anda tawarkan kepada pelanggan. Ide holiday marketing yang satu ini dapat memberikan daya tarik bagi pelanggan, bahkan menjadi pertimbangan besar saat harus memilih dari dua toko yang berbeda. 

Anda bisa menawarkan promo gratis ongkir selama liburan akhir tahun atau bisa juga membuatnya sebagai promo gratis ongkir dalam waktu terbatas. 

Keduanya sama-sama baik dan menarik, Anda bisa sesuaikan dengan marketing budget yang Anda miliki. 

BACA JUGA: Seasonal Marketing: Memaksimalkan Penjualan pada Musim Tertentu

4. Kirimkan pesan melalui email marketing

Email marketing masih menjadi strategi terbaik untuk dapat terhubung dengan pelanggan secara lebih personal. Email marketing yang Anda lakukan akan menjadi lebih menarik jika dapat relevan dengan pelanggan.

Buat pesan pemasaran yang berkaitan dengan holiday, momen akhir tahun, natal, atau tahun baru. Selipkan berbagai pesan terima kasih, apresiasi, hingga promosi akhir tahun yang membangun minat pelanggan. 

5. Buat konten holiday marketing

Untuk menjaga brand presence Anda dalam media online, Anda dapat membuat berbagai konten bertemakan holiday, liburan bersama keluarga, hari raya natal, atau nuansa tahun baru yang meriah. 

Konten ini dapat berupa konten artikel, video, atau foto yang relevan dengan kebiasaan-kebiasaan pelanggan di akhir tahun. 

Anda juga bisa selipkan promo-promo menarik lainnya. Integrasikan semua holiday marketing Anda di semua saluran pemasaran yang Anda gunakan. 

Itulah lima ide holiday marketing yang bisa Anda lakukan selama beberapa minggu menjelang akhir tahun 2023 ini. Jangan lupa sesuaikan dengan marketing budget Anda dan pelajari strategi mana yang paling efektif untuk produk Anda. 

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

BACA JUGA: 5 Cara Membuat Video Pendek yang Powerful untuk Promosi Bisnis

Related