AC Ventures Gandeng Eks CSO Sea Group untuk Perkuat Tim

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
26 Juni 2022
marketeers article
Alan Hellawell ditunjuk sebagai Senior Advisor dan Venture Partner di AC Ventures. | Foto: AC Ventures
AC Ventures resmi menggandeng Alan Hellawell sebagai senior advisor dan venture partner. Kehadiran eks Chief Strategy Officer Sea Group tersebut akan mendukung portofolio perusahaan dari AC Ventures di berbagai bidang.
Alan akan bertanggung jawab dalam penciptaan nilai (value creation), berperan sebagai penasehat perusahaan, dan strategic introduction. Harapannya, ia akan menerapkan keahlian yang dimiliki dalam penelitian sektoral untuk memperkuat pendekatan investasi tematik perusahaan.
Alan memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di berbagai perusahaan start-up Asia, khususnya di bidang teknologi finansial. Dalam perjalanannya, ia telah banyak membantu perusahaan dari tahap awal hingga IPO.
Penunjukkan Alan sebagai senior advisor serta venture partner bukanlah awal dari hubungannya dengan perusahaan. Sebelumnya, ia telah terlebih dulu bekerja bersama Adrian Li, Founder dan Managing Partner AC Venture saat masih memimpin investasi Limited Partners yang sukses dalam pendanaan pada tahun 2018.
Alan juga secara ekstensif bekerja dengan Pandu Sjahrir, Founding Partner AC Ventures sebagai sesama pemimpin perusahaan Sea Limited. Kala itu, Alan menduduki jabatan sebagai Chief Strategy Officer di perusahaan yang menaungi e-commerce, Shopee tersebut.
“Saya telah mengenal partners dari AC Ventures selama lebih dari 15 tahun. Selain itu, saya telah bekerja dengan para general partners (GP) di berbagai kesempatan. Sebab itu, saya percaya AC Ventures merupakan perusahaan modal ventura yang visioner dan berorientasi global di Indonesia,” ujar Alan.
Penunjukan Alan dilihat oleh Adrian sebagai upaya untuk terus memberi nilai lebih bagi portofolio perusahaan. Pengalaman Alan yang luas dan hubungan yang terjalin cukup lama diharapkan mampu membantu meningkatkan skala bisnis portofolio perusahaan.
Sebelum Alan, perusahaan telah terlebih dulu menggandeng Helen Wong sebagai senior advisor dan venture partner. Di tengah bisnis modal ventura atau venture capital yang kian kompetitif, AC Ventures memilih untuk berinvestasi pada bidang talenta guna memperkuat tim mereka. Helen berperan untuk mendukung perusahaan di berbagai bidang, termasuk pengembangan perusahaan, pelatihan tim, investasi, hingga penasehat portofolio.
Perusahaan memang berencana menghadirkan para ahli fungsional tambahan dalam bidang manajemen bakat, pemasaran, pengembangan bisnis, dan pembentukan modal untuk mendukung portofolio perusahaan (startup) mereka yang berkembang dalam beberapa bulan mendatang.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related